Analisis Pendidikan Profesi Guru pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14633Keywords:
Analisis Pendidikan Profesi GuruAbstract
Melaksanakan tanggung jawabnya dan mencapai tujuan pendidikan nasional tergantung pada peran guru yang begitu penting. Peran guru tidak gampang digantikan oleh orang lain kecuali orang tua, karena orang tua adalah guru paling utama bagi anaknya. Oleh karena itu, peningkatan dan pembinaan profesional guru harus menjadi prioritas utama. Penelitian ini menyelidiki kebijakan pendidikan dalam upaya meningkatkan pekerjaan guru. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan penelitian yang langsung turun kelapangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika kebijakan pendidikan dilakukan untuk meningkatkan profesi guru, status mereka semakin dilindungi secara hukum. Selain itu, dengan pelatihan guru, guru dapat mempertahankan harkat dan profesionalisme mereka sebagai guru. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menikmati hal yang sama dengan lebih banyak. Penelitian ini membantu guru menjadi profesional dalam mengajar dan menghadapi peserta didik. Karena, tidak semua guru bisa menghadapi perserta didik dengan profesional.
References
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Hartati, T. (2019). TECHONOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA PPG SD PRAJABATAN. EDUTECH, 18(2). https://doi.org/10.17509/e.v18i2.15092
Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.867
Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405
Susiana, S. (2018). Peran Pemerintah Daerah dalam Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi (Studi di Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat). Jurnal Aspirasi, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084
Wahyudin, D. (2016). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA). 46.
Zulfitri, H. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. 19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Fauziah, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.