Kenaikan Pangkat dan Jabatan Fungsional Bagi Guru Sekolah Dasar di Daerah Bogor

Authors

  • Aulya Putri Wansit Universitas Djuanda
  • Farah Anisa Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14632

Keywords:

Kenaikan Pangkat, Jabatan Fungsional, Guru Fungsional

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi kenaikan pangkat dan jabatan fungsional bagi guru sekolah dasar di daerah khususnya Bogor. Penelitian ini menggunakan Data analisis Nvivo 12 yang hasilnya menunjukan bahwa kinerja berpengaruh pada kenaikan jabatan sesuai aturan. Guru professional memiliki strategi guru, kompetensi guru serta peran guru. Fungsi utama jabatan fungsional adalah meningkatkan profesionalisme dan mutu pembelajaran. Adapun dampak positifnya adalah implementasi aturan dianggap bermanfaat untuk kinerja dan professional guru serta mutu pendidikan asalkan dilakukan secara adil dan trasparan serta promosi jabatan dan pengembangan karir. Namun demikian, jika tidak naik pangkat dalam 6 tahun maka tidak mendapatkan tunjangan profesi dan beberapa guru mengeluh kesulitan promosi walaupun sudah memenuhi persyaratan karena kuota terbatas. Oleh karena itu peneliti melakukan obserfasi untuk mengetahui jawaban narasumber mengenai kenaikan pangkat dan jabatan fungsional bagi guru sekolah dasar dan metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan wawancara 7 guru di 3-4 sekolah dasar di daerah Bogor.

References

Ahmadi, H. (2022). Analisis Hambatan Kenaikan Pangkat Guru dari IVa ke IVb Di Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022. 02. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.517-524.2022

Alliyah, R. R., Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., & Yuneti, A. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. 1, 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Ashary, N. M., & Aliyyah, R. R. (n.d.). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Profesionalisme Kualitas Calon pendidik. 3, 3883–3898.

Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. 4, 1–11.

Danamik, R. (2019). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU. 8, 1–8. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Hardiyanti, L. Y., & Aliyyah, R. R. (2021). PROFESIONALISME GURU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI RIAU.

Ibda, H. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD/MI MELALUI MENULIS DI MEDIA. 14, 46–62. https://doi.org/1034001/tarbawi.v14i1.610

Ismail, Muh. I. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN. 13, 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Munawir, Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). KINERJA GURU PROFESIONAL SEKOLAH DASAR. 3, 8–14. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. 2, 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Reni, Kartikowati, Rr. S., & Junus, N. (2018). IMPLEMENTASI PERMENPAN NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDIT (Studi Kasus pada Kenaikan Pangkat dan Dampaknya Bagi Guru SDN di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak ). 2, 225–230.

Rohman, H. (2020). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. 1, 92–102.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Wansit, A. P., Anisa, F., & Aliyyah, R. R. . (2024). Kenaikan Pangkat dan Jabatan Fungsional Bagi Guru Sekolah Dasar di Daerah Bogor. Karimah Tauhid, 3(9), 9569–9584. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14632

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>