Kenaikan Pangkat dan Jabatan Fungsional Bagi Guru Sekolah Dasar di Daerah Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14632Keywords:
Kenaikan Pangkat, Jabatan Fungsional, Guru FungsionalAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi kenaikan pangkat dan jabatan fungsional bagi guru sekolah dasar di daerah khususnya Bogor. Penelitian ini menggunakan Data analisis Nvivo 12 yang hasilnya menunjukan bahwa kinerja berpengaruh pada kenaikan jabatan sesuai aturan. Guru professional memiliki strategi guru, kompetensi guru serta peran guru. Fungsi utama jabatan fungsional adalah meningkatkan profesionalisme dan mutu pembelajaran. Adapun dampak positifnya adalah implementasi aturan dianggap bermanfaat untuk kinerja dan professional guru serta mutu pendidikan asalkan dilakukan secara adil dan trasparan serta promosi jabatan dan pengembangan karir. Namun demikian, jika tidak naik pangkat dalam 6 tahun maka tidak mendapatkan tunjangan profesi dan beberapa guru mengeluh kesulitan promosi walaupun sudah memenuhi persyaratan karena kuota terbatas. Oleh karena itu peneliti melakukan obserfasi untuk mengetahui jawaban narasumber mengenai kenaikan pangkat dan jabatan fungsional bagi guru sekolah dasar dan metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan wawancara 7 guru di 3-4 sekolah dasar di daerah Bogor.
References
Ahmadi, H. (2022). Analisis Hambatan Kenaikan Pangkat Guru dari IVa ke IVb Di Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022. 02. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.517-524.2022
Alliyah, R. R., Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., & Yuneti, A. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. 1, 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405
Ashary, N. M., & Aliyyah, R. R. (n.d.). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Dalam Meningkatkan Mutu Profesionalisme Kualitas Calon pendidik. 3, 3883–3898.
Asiah, S. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. 4, 1–11.
Danamik, R. (2019). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU. 8, 1–8. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Hardiyanti, L. Y., & Aliyyah, R. R. (2021). PROFESIONALISME GURU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI RIAU.
Ibda, H. (2017). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD/MI MELALUI MENULIS DI MEDIA. 14, 46–62. https://doi.org/1034001/tarbawi.v14i1.610
Ismail, Muh. I. (2010). KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN. 13, 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Munawir, Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). KINERJA GURU PROFESIONAL SEKOLAH DASAR. 3, 8–14. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. 2, 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Reni, Kartikowati, Rr. S., & Junus, N. (2018). IMPLEMENTASI PERMENPAN NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDIT (Studi Kasus pada Kenaikan Pangkat dan Dampaknya Bagi Guru SDN di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak ). 2, 225–230.
Rohman, H. (2020). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. 1, 92–102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulya Putri Wansit, Farah Anisa, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.