Tata Kelola Kelas : Membangun Lingkungan Belajar yang Efektif
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14628Keywords:
Manajemen Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi KelasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep dan praktik pengelolaan kelas dalam lingkungan pembelajaran, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan kelas, mengidentifikasi strategi dan metode untuk meningkatkan pengelolaan kelas yang efektif, mempelajari bagaimana praktik pengelolaan permasalahan kelas dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan dalam pengelolaan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan cara wawancara semi terstruktur secara tatap muka dan online melalui zoom meeting, observasi dan dokumentasi. Adapun tema yang di bahas adalah strategi pengelolaan kelas, pendekatan dalam pengelolaan kelas, solusi dalam menangani permasalahan siswa, teknologi dalam pengelolaan kelas, dan alasan seorang guru harus bisa mengelola kelas. Penelitian ini menghasilkan bahwa ada beberapa cara guru dalam mengelola kelasnya agar efektif, yaitu membuat kesepakatan kelas pada awal semester, menentukan gaya belajar siswa, menganalisis pendekatan pembelajaran dan melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Adapun cara mengelola kelas secara fisik yang sering dilakukan adalah membuat pojok baca, menghias dinding dengan karya siswa, membuat media belajar dan pohon literasi. Dalam hal ini pengelolaan kelas terfokus juga dalam pemecahan masalah dikelas, mengelola permasalahan dikelas secara efektif dilakukan dengan restitusi yaitu memanggil siswa bersangkutan secara tertutup dan solusinya selalu menggunakan 3 kata ajaib (maaf, tolong dan terimakasih). Bagi siswa yang bermasalah dengan pembalajaran maka akan ada pendampingan khusus. Oleh karena itu, seorang guru harus memahami manajemen pengelolaan kelas yang baik bagi siswa nya dan juga harus bisa menggunakan teknologi agar pengelolaan kelas semakin menarik.
References
Aliyyah, R., & Lutfah, S. (n.d.). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS.
Aliyyah, R. R., Abdurakhman, O., & Humaniora, J. S. (2017). PENGELOLAAN KELAS RENDAH DI SD AMALIAH CIAWI BOGOR. https://doi.org/10.31227/osf.io/z26fq
Fadillah, R., & Aliyyah, R. R. (2024). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah. Karimah Tauhid, 3(3), 3164–3176. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12248
Isnanto, I., Pomalingo, S., & Harun, M. N. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(1), 7. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392
Margaret Oktavia Sumilat, R. M. M. (2022). Pengembangan Manajemen Pengelolaan Kelas Berbasis Teknologi Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6716687
Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.%20123-136
Nasrudin, A. H., Unsa, F. F., Aini, F. N., Arifin, I., & Adha, M. A. (2021). Manajemen Konflik dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.1888
Nugraha, M. (2018). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN. 4(01).
Nurpratiwiningsih, L., & Ervina, D. (2022). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p8-15
Purnomo, H., Mahpudin, M., & Sunanto, L. (2020). PENGELOLAAN KELAS BELAJAR DI ERA 4.0. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1). https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2112
Rukmana, T. N. O., & Trihantoyo, S. (2021). URGENSI PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM MEMANTAU PERKEMBANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. 09.
Sudarsana, I. K. (2016). MEMBENTUK KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN ALAM TERBUKA.
Utami, F. N. (2020). PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SD. 2(1).
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265
Zakia, M. G. (2017). SISTEM PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 201–207. https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahayu Anggraeni, Dinda Mega Putri Oktavianti , Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.