Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14625Keywords:
Konsep Dasar Matematika, Pemahaman, Pembelajaran AktifAbstract
Matematika adalah ilmu dengan kebenaran yang objektif dan berperan penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah. Siswa perlu memahami konsep-konsep dasar matematika, seperti bilangan, operasi aritmetika, geometri, aljabar, dan statistika, untuk menghadapi berbagai tantangan dalam belajar matematika. Artikel ini mengkaji betapa pentingnya pemahaman konsep-konsep dasar matematika sebagai pondasi untuk pembelajaran yang efektif dan mengeksplorasi strategi-strategi untuk membantu siswa mengatasi kesulitan matematika. Mengacu pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget yang membagi perkembangan mental menjadi empat tahap, artikel ini menyoroti bahwa pemahaman mendalam tentang matematika adalah kunci untuk perkembangan kognitif siswa. Walaupun matematika adalah alat yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber dengan tujuan untuk menemukan strategi pembelajaran matematika yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga, metode pembelajaran berbasis masalah dan diskusi kelompok, umpan balik positif, serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar di rumah adalah strategi yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia yang masih menghadapi masalah pemerataan pendidikan, penerapan strategi-strategi ini sangat penting. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang berkelanjutan, diharapkan siswa dapat menguasai konsep-konsep matematika dan mempersiapkan diri untuk tantangan akademis serta masa depan mereka.
References
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Mochamad Surya, C., Islami, S., Kusniati, Y., Suhartini, T., & Nurjanah, S. (2023). Kegiatan Pembelajaran Untuk Mengembangkan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1 SE-Artikel), 75–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/324
Parda Silvia Pratama1, Megan Asri Humaira2, Y. S. (2018). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEKANIK SISWA KELAS 1. 13(4), 635–645.
Purba, C. D. S., Sinuhaji, N. B., & Ishak, H. (2024). Peran Penting Critical Thinking Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(1), 90–94. https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i1.7290
Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579
Syafawani, U. R., & Safari, Y. (2024). Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(2), 1488–1502. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11810
Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 7(2), 12–19. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2441
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusuf Safari, Pina Nurhida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.