Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berdasarkan Perspektif Siswa

Authors

  • Nazwa Aprillia Wahyudi Universitas Djuanda
  • Nurfauziah Nadya Amry Universitas Djuanda
  • Berlilan Nurlaeni Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14623

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Menulis, Perspektif Siswa

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam konteks pembelajaran interaktif, penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dari perspektif siswa di MI Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket kepada 5 siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode interaktif, seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok, sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis. Siswa merasa sangat terlibat dan lebih termotivasi dalam aktivitas menulis yang interaktif. Mereka juga menyatakan bahwa metode ini membantu mereka memahami materi menulis dengan lebih mudah. Selain itu, umpan balik yang konstruktif dari guru membantu siswa memperbaiki kemampuan menulis mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan layak diterapkan secara luas di sekolah dasar.

References

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020).

KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Respirologi

Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101

Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7828–7833.

Lailiyah, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULISKAN

KEMBALI CERITA SISWA KELAS IV SD Nur Lailiyah Wahyu Sukartiningsih

Abstrak. 06, 1150–1159.

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based

Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al- Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al- aulad.v2i1.4427

Raztiani, H., & Permana, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF. 2(2014), 433–440.

Royani, S., & Lebong, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMP N 9 Rejang Lebong. 3(2).

Sani, S. A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778 Simatupang, H. K. A., Anggie, M., Daulay, J., Situmorang, S. Y., Medan, U. N., Info,

A., Indonesia, B., & Language, I. (2024). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. 7, 9–18.

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Wahyudi, N. A. ., Amry, N. N., & Nurlaeni, B. (2024). Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berdasarkan Perspektif Siswa. Karimah Tauhid, 3(9), 10281–10291. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14623