Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berdasarkan Perspektif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14623Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Menulis, Perspektif SiswaAbstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam konteks pembelajaran interaktif, penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dari perspektif siswa di MI Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket kepada 5 siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode interaktif, seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok, sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis. Siswa merasa sangat terlibat dan lebih termotivasi dalam aktivitas menulis yang interaktif. Mereka juga menyatakan bahwa metode ini membantu mereka memahami materi menulis dengan lebih mudah. Selain itu, umpan balik yang konstruktif dari guru membantu siswa memperbaiki kemampuan menulis mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan layak diterapkan secara luas di sekolah dasar.
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020).
KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Respirologi
Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101
Harahap, J. Y., Hayati, R., & Yarshal, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy dalam Belajar pada Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Diskusi Kelompok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7828–7833.
Lailiyah, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULISKAN
KEMBALI CERITA SISWA KELAS IV SD Nur Lailiyah Wahyu Sukartiningsih
Abstrak. 06, 1150–1159.
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al- Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.15575/al- aulad.v2i1.4427
Raztiani, H., & Permana, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF. 2(2014), 433–440.
Royani, S., & Lebong, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMP N 9 Rejang Lebong. 3(2).
Sani, S. A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. 3(3), 84–93. https://doi.org/10.2568/yum.v3i3.778 Simatupang, H. K. A., Anggie, M., Daulay, J., Situmorang, S. Y., Medan, U. N., Info,
A., Indonesia, B., & Language, I. (2024). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. 7, 9–18.
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375
Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428–3434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2527
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nazwa Aprillia Wahyudi, Nurfauziah Nadya Amry, Berlilan Nurlaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.