Penilaian Kinerja Guru pada Sekolah Dasar

Authors

  • Wangi Dema Lestari Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14610

Keywords:

Sekolah Dasar, Mutu Pendidikan, Guru Profesional

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian sederhana (Simple Research Design). Untuk menjelaskan tentang Penilaian Kinerja Guru pada Sekolah Dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan delapan guru Sekolah Dasar  yang berasal dari Kabupten Bogor, Kabupaten Bandung dan Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif mengenai Kinerja Guru pada Sekolah Dasar dalam mewujudkan kualitas pendidikan unggul, mengukur kinerja individu serta mendukung pengembangan sistem pendidikan yang lebih baik secara keseluruhan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setiap guru memiliki motivasi tersendiri untuk menjadi guru professional, memiliki berbagai strategi dalam menghadapi permasalahan, memiliki berbagai cara dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa serta melakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Namun, ada beberapa guru yang hanya bisa mengajar akan tetapi tidak bisa menjadi guru professional yang inovatif dan kreatif. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk melihat kinerja guru pada sekolah dasar.

References

Munawir, M., Yasmin, A., & Wadud, A. J. (2023). Memahami Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 627-634.

Zuhaida, A., & Yustiana, Y. R. (2023). Tantangan Guru dalam Mengajar IPA: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 226-231.

Magdalena, I., Odicus, D. A., Oktaviani, D., & Nurrahama, M. I. (2023). Penilaian keterampilan evaluasi Pendidikan Teori dan Implementasi Melalui Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 108-113.

Sudirman, S., Kasmawati, K., & Jauhar, S. J. S. (2023). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 198 Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 16-25.

ALI, A. (2021). STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 MAJENE (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Yikwa, L., Areros, W. A., & Rumawas, W. (2017). PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN (Studi Pada PT Bank Papua Cabang Manado Provinsi Sulawesi Utara). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB).

Ahmad, L. I. (2017). Konsep penilaian kinerja guru dan faktor yang mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

INDONESIA, P. R. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN.

Rusi Rusmiati, A. Buku Chapter Manajemen Pendidikan.

Rusi Rusmiati, A. Buku Chapter MEMBANGUN PENDIDIKAN Menuju JABAR JUARA.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Lestari, W. D. ., & Aliyyah, R. R. . (2024). Penilaian Kinerja Guru pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10166–10184. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14610

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>