Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Authors

  • Sefhia Naila Sabrina Universitas Djuanda
  • Zerlinda Veronica Amaliah Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14599

Keywords:

Sekolah Dasar, Peserta Didik, Bimbingan Konseling

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting layanan bimbingan konseling di sekolah dasar untuk mengatasi masalah perkembangan siswa yang terjadi di lapangan dan seberapa efektif penggunaan guru kelas sebagai guru BK. penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dalam desain penelitian. yang sederhana. Metode pengumpulan data melalui wawancara yang semi-terstruktur yang dilakukan kepada 7 guru kelas dan 1 guru bimbingan konseling dari Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Tanggamus. Adapun tema yang dibahas dalam penelitian ini yaitu jenis layanan yang di berikan guru kepada siswa, stigma negatif mengenai guru Bimbingan Konseling, jenis masalah siswa, tantangan dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling di kelas, dan Solusi meningkatkan efektivitas Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. 

References

Fitria, D. R., Ahman, & Yustiana, Y. R. (2024). STIGMA NEGATIF PADA GURU BK KARENA ETIKA PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING YANG TIDAK TERLAKSANA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10. http://www.scholar.google.co.id

Imran, Y. (2023). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Konseling Dan Pendidikan , 11(4), 361–368. https://doi.org/10.29210/1111700

Mustika, D., Paramita Muji, A., & Iswari, M. (2022). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1481–1486.

Mutia, S. (2018). PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DISEKOLAH. INTELEKTUALITA, 1–13.

Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. (2022). LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1622. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8978

Putri, F. R., & Hanifah. (2018). PERMASALAHAN SISWA DITINJAU DARI BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. TRIADIK, 17(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.8868

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(2), 106–120. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Rofiqoh, N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). URGENSI PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. TUNAS NUSANTARA. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jtn.v5i1.4997

Setianingsih, E. S. (2016). PERANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI SD. MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1120

Setiowati, A., Irene, S., & Dwiningrum, A. (2020). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING. In Elementary School (Vol. 7, Issue 2).

Suryani, S., Rusi, ), Aliyyah, R., & Muhdiyati, I. (2022). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI KELAS IVB SDN PAKUHAJI. Iventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6(1), 70–80. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Tanod, M. J., Diswantika, N., & Iasha, V. (2019). PENYELENGGARAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar , 13–27. https://doi.org/10.21009/JPD.010.02

Telaumbanua, kaminudin. (2016). KONSEP DASAR LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i49.167

Ulfah, R., Fauziah, R., & Aliyyah, R. R. (2018). REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI. Jurnal Tadbir Muwahid, 98–110.

Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760

Yulianti, Rahmawati Hatijah, E., Amanda Faradila, S., & Husna, N. (2024). Tantangan dan Peluang Profesi Guru BK di Era Digital. Menara Ilmu : Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah , 18, 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/mi.v18i2.5333

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Sabrina, S. N., Amaliah, Z. V., & Aliyyah, R. R. . (2024). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 9905–9919. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14599

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>