Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Sistem Sarana Prasarana Kementerian Agama

Authors

  • Wardah Nurfaidah Universitas Djuanda
  • Dini Fitri Diani Universitas Djuanda
  • Abdul Kholik Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14595

Keywords:

Penilaian kepuasan, SIMSARPRAS, Kementerian Agama

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis tingkat kepuasan penggunaan simsarpras kemenag oleh tendik madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Cisarua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui angket dengan teknik pengambilan sampling insidental. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan perhitungan rumus NA=S/SM x100%. Hasil analisis menunjukan tendik merasa puas terhadap kualitas simsarpras kemenag dan kualitas sistem hampir memenuhi semua kriteria dengan skor rata-rata 64,43%. Sementara hasil analisis yang mencapai nilai tertinggi pada aspek usability quality dengan skor rata-rata 74,45% dan aspek yang memiliki nilai terendah adalah service interaction quality dengan skor 53,57%. Hasil penilaian tendik selaku pengguna langsung simsarpras kemenag dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan bagi kementerian agama untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sistem agar dapat memberikan layanan yang semakin baik bagi lembaga-lembaga dibawah naungan kementerian agama.

References

Djahir, Y., & Pratita, D. (2014). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Guru Madrasah. (2017). Petunjuk Penggunaan Aplikasi Simsarpras Madrasah. Diakses pada tanggal 29 Juni 2024 pada https://www.gurumadrasah.com/2017/09/petunjuk-penggunaan-aplikasi-simsarpras-madrasah.html#google_vignette

Hasan, L. (2014). Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students' Preferences of Design Characteristics. Int. Arab. J. e Technol., 3(3), 179-193.

Lukman, A., & Paramata, Y. (2015). Student satisfaction toward the service of chemical laboratory. IJERE. Vol 4 (1): 22-29.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Priadana, M. Sidik, & Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Ramdhani, M. R., & Kholik, A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Layanan Akademik Pada masa Covid-19 di Perguruan Tinggi Swasta Bogor. Tadbir Muwahhid, 6(1), 1-15.

Septa, F., & Umar, R. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government Menggunakan Metode Webqual 4.0: Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 127-135.

Septa, F., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2019). Analisis kualitas layanan E-Government dengan pendekatan E-Govqual modifikasi. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 157.

Septa, F., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2020). Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Layanan E-Government Menggunakan Metode WebQual Modifikasi. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5), 951-960.

Sisdiyanto, Muchamad Sidik (2024). Kemenag Selesaikan Data Kebutuhan Sarana Prasarana Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia. Diakses pada tanggal 5 Juli 2024 pada https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-selesaikan-data-kebutuhan-sarana-prasarana-madrasah-f1NVS

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Nurfaidah, W., Diani, D. F. ., & Kholik, A. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Sistem Sarana Prasarana Kementerian Agama. Karimah Tauhid, 3(9), 9665–9680. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14595