Penerapan Information and Communication of Technology (ICT) pada Pembelajaran Abad 21 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14593Keywords:
Pembelajaran Abad 21, Information and Communication of Technology, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam pembelajaran abad 21 di Sekolah Dasar (SD). Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana ICT digunakan dalam proses belajar mengajar, serta manfaat dan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tematik analisis dengan melibatkan delapan guru dari SD di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ICT dalam pembelajaran menawarkan berbagai manfaat, termasuk mempermudah pengelolaan data peserta didik, membuat media pembelajaran lebih menarik dan interaktif, serta meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Guru menggunakan berbagai alat dan platform seperti infokus, laptop, dan aplikasi pembelajaran online untuk mengelola kelas dan memberikan materi ajar. Selain itu, pelatihan guru dalam pemanfaatan ICT sangat penting untuk memastikan teknologi digunakan secara optimal. Penerapan ICT dalam pembelajaran abad 21 sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan yang semakin berbasis teknologi. Pelatihan yang berkelanjutan bagi guru dalam penggunaan ICT juga diperlukan untuk mengoptimalkan manfaat teknologi dalam pendidikan.
References
Aliyyah, R. R., Encep, M., Widyasari, & Humaira, M. A. (2022). Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442-3726 e-ISSN 2550-1143 Volume 8 Nomor 1, April 2022. 8.
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). GURU BERPRESTASI: PENGUATAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362
Aminullah, M. (2018). Theory of Alamin (A Formation of Universal Communication Formula). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(2), 162–181.
Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038
Muchlasin, I., Ambarwati, R. U., Khalimi, D. S., Muyasaroh, K., & W, R. A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technologi) dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Social Science Academic, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i1.4826
Musianto, L. S. (n.d.). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen, 4(2).
Pribowo, F. S. P. (2020). Persepsi Guru Sd Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Di Kelas.
Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Salamah Za niyat,M. Ag, Dr. H. S. amah Z. niyat, M. Ag. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Agama Islam.
Sofyan, R., Ws, R., Jawab, P. P., Hamdu, G., & Jawab, P. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan Thematic Learning Media Development Based Interactive Multimedia On Let Love The Surroundings Subtheme.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Nisfi Sana, Arini, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.