Peran Guru dalam Supervisi Akademik di Sekolah Dasar

Authors

  • Noviandra Azzahra Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14589

Keywords:

Supervisi, Akademik, Guru, Kinerja

Abstract

Supervisi akademik adalah kegiatan yang bertujuan untuk membantu guru meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian yang penulis ambil untuk mendeskripsikan peranan guru dalam supervisi akademik di sekolah dasar menurut persepsi guru. Metodde yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara yang kemudian hasil penelitian dianalisis secara deduktif dan tematik menggunakan aplikasi Nvivo. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Caringin, Caringin Maseng, Kabupaten Bogor dengan mewawancara 5 guru dari tiga sekolah yang dipilih. Hasil dari wawancara  diproses secara kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil wawancara terkait sub fokus tersebut yang pertama, terdapat tiga pelaksanaan supervise akademik yaitu, perencanaan, observasi kelas dan evaluasi. Kedua, terdapat kurang lebih empat manfaat yaitu Meningkatnnya kualitas pembelajaran, meningkatnya kinerja guru, dapat mengetahui penggunaan metode yang tepat, dan sebagai refelaksi atau motivasi diri. Ketiga, tantangan supervise akademik yaitu, keterbatasan sumber daya, resistensi dari guru, variasi metode, kurikulum yang padat.  Keempat, peran guru dalam supervise akademik yaitu, guru Sebagai Peserta Supervisi, Guru sebagai kolaborator, guru sebagai agen pembelajaran, guru sebagai agen perubahan. Hasil dari penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sangat berperan pentinf pada pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dasar.

References

Aliyyah, R., & Lutfah, S. (n.d.). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 8(2), 126. https://doi.org/10.30997/jsh.v8i2.886

Hadi, S. (n.d.). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI GURU DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 SLAWI KABUPATEN TEGAL.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. 3(1).

Lastriyani, I., & Herawan, E. (2017). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6436

Mardhiah, A., & Usman, N. (n.d.). PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.%20123-136

Ningsi, S., Mus, S., & Nurochmah, A. (n.d.). PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 49 BALANG.

Novianti, H. (n.d.). PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU.

Nugraha, M. S. (2014). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 39–68. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.520

Nur, M. T. (n.d.). OPTIMALISASI PERAN PENGAWAS SEKOLAH.

Pahlevie, E. D., Matono, S., & Sunarto, S. (2014). MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS EVALUASI DIRI GURU DAN PENILAIAN REKAN SEJAWAT.

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63–74. https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Purbasari, M. (2015). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Saiful Bahri. (2014). SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Visipena Journal, 5(1), 100–112. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.236

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SEBAGAI DETERMINAN KINERJA GURU. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Azzahra, N., & Aliyyah, R. R. . (2024). Peran Guru dalam Supervisi Akademik di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10124–10140. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14589

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>