Penerapan Kompetensi Profesional Guru pada Sekolah Dasar

Authors

  • Farhany Zahra Qurrota’ainy Universitas Djuanda
  • Nadia Wirdha Sutisna Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14585

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, sekolah dasar, hasil belajar siswa

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana profesional menggunakan keterampilan guru di sekolah dasar. Sehingga penelitian ini bisa memberikan gambaran utuh tentang cara menggunakan kompetensi profesional guru SD dan tingkat kualitas pembelajaran.

Metode penelitian pada studi ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan desain sederhana. Dan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara semi terstruktur  dilakukan kepada 8 Guru kelas sekolah dasar di wilayah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Wawancara ini di lakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal  19 – 21 Mei 2024 . Adapun tema yang dibahas dalam penelitian yaitu dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, hubungan antara kompetensi guru profesional dan keinginan siswa untuk belajar, kendala dan hambatan dalam meningkatkan kompetensi kerja guru, aspek dari kompetensi profesional guru yang harus di perbaiki atau di tingkatkan, kelebihan dari memiliki kompetensi profesional yang tinggi dalam mengajar disekolah.

References

Aliyyah, R., & Lutfah, S. (n.d.). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Mulyadi, D. (2019). Outstanding Teachers: The Steps In Acquiring Them. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1528

Dhita, D. R. T. (n.d.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) FATMAWATI SUKARNO BENGKULU TAHUN 2022 M / 1443 H.

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20–37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. 3(1).

Jamin, H. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU.

Juniardi, M. A., & Yuniati, S. (2024). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU. 3(1).

Marleni, K. D., Ridayanti, P. W., Laras, N. N., & Dewi, S. (2020). (The Effect of Role Playing Methods of Media Hand Puppets on the Speaking Ability of Students TK (4-5 years) Budhiyasa Sangsit). 5(2).

Maryance, R. T., Yani, M., & Pd, M. (n.d.). TEORI DAN APLIKASI SUPERVISI PENDIDIKAN.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Rahman, M. H. (2014). Professional Competence , Pedagogical Competence and the Performance of Junior High School of Science Teachers. Journal of Education and Practice.

Saragih, A. H. (2008). KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU DALAM MENGAJAR.

Sitti Roksina, S. R. (n.d.). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo.

Sudirman, J. J. (n.d.). KEMENTEzuAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, zuSET, DAN TEKNOLOGI.

Titu, M. A., Masi, R., & Keban, S. K. K. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Adonara Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 213–222. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.655

Wahyudi, A. B. F. (2024). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KERAGAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DALAM PEMENUHAN TARGET KURIKULUM. 3(1).

Witarsa, R., & Midani Rizki, L. (2022). Analisis Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4114–4121. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3514

Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Qurrota’ainy, F. Z., Sutisna, N. W., & Aliyyah, R. R. . (2024). Penerapan Kompetensi Profesional Guru pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(9), 10185–10204. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14585

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>