Penerapan Kompetensi Profesional Guru pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14585Keywords:
Kompetensi Profesional Guru, sekolah dasar, hasil belajar siswaAbstract
Fokus penelitian ini adalah bagaimana profesional menggunakan keterampilan guru di sekolah dasar. Sehingga penelitian ini bisa memberikan gambaran utuh tentang cara menggunakan kompetensi profesional guru SD dan tingkat kualitas pembelajaran.
Metode penelitian pada studi ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan desain sederhana. Dan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara semi terstruktur dilakukan kepada 8 Guru kelas sekolah dasar di wilayah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Wawancara ini di lakukan selama 3 hari yaitu pada tanggal 19 – 21 Mei 2024 . Adapun tema yang dibahas dalam penelitian yaitu dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, hubungan antara kompetensi guru profesional dan keinginan siswa untuk belajar, kendala dan hambatan dalam meningkatkan kompetensi kerja guru, aspek dari kompetensi profesional guru yang harus di perbaiki atau di tingkatkan, kelebihan dari memiliki kompetensi profesional yang tinggi dalam mengajar disekolah.
References
Aliyyah, R., & Lutfah, S. (n.d.). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK PADA SEKOLAH DASAR THE MANAGEMENT OF TEACHERS AT ELEMENTARY SCHOOLS.
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Mulyadi, D. (2019). Outstanding Teachers: The Steps In Acquiring Them. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1528
Dhita, D. R. T. (n.d.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) FATMAWATI SUKARNO BENGKULU TAHUN 2022 M / 1443 H.
Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20–37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. 3(1).
Jamin, H. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU.
Juniardi, M. A., & Yuniati, S. (2024). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KINERJA GURU. 3(1).
Marleni, K. D., Ridayanti, P. W., Laras, N. N., & Dewi, S. (2020). (The Effect of Role Playing Methods of Media Hand Puppets on the Speaking Ability of Students TK (4-5 years) Budhiyasa Sangsit). 5(2).
Maryance, R. T., Yani, M., & Pd, M. (n.d.). TEORI DAN APLIKASI SUPERVISI PENDIDIKAN.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Rahman, M. H. (2014). Professional Competence , Pedagogical Competence and the Performance of Junior High School of Science Teachers. Journal of Education and Practice.
Saragih, A. H. (2008). KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU DALAM MENGAJAR.
Sitti Roksina, S. R. (n.d.). Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo.
Sudirman, J. J. (n.d.). KEMENTEzuAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, zuSET, DAN TEKNOLOGI.
Titu, M. A., Masi, R., & Keban, S. K. K. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Adonara Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 213–222. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.655
Wahyudi, A. B. F. (2024). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KERAGAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DALAM PEMENUHAN TARGET KURIKULUM. 3(1).
Witarsa, R., & Midani Rizki, L. (2022). Analisis Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4114–4121. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3514
Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DARING PADA PANDEMI COVID-19. Khazanah Pendidikan, 16(1), 117. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farhany Zahra Qurrota’ainy, Nadia Wirdha Sutisna, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.