Analisis Strategi Merek Jasa Pendidikan SMA Fathan Mubina
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14550Keywords:
Pendidikan, Jasa Pendidik, StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding layanan pendidikan yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Pendidikan Islam SMA Islam Fathan Mubina dalam membangun citra sekolah dan menarik minat para calon peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam dengan partisipan utama yaitu wakil bidang akademik 1 SMA Islam Fathan Mubina . Di zaman era modern ini persaingan produk dan jasa semakin ketat dan cukup sulit untuk menarik masyarakat terutamanya peminat calon peserta didik di lembaga pendidikan khususnya di lembaga pendidikan islam. Adapun 2 strategi yang diimplementasikan oleh SMA Islam Fathan Mubina yaitu dengan adanya visi-misi sekolah Insan Cendekia Berakhlak Mulia dan menjual brand lokasi sekolah yaitu Ciawi Bogor. Ini menjadi salah satu latar belakang SMA Islam Fathan Mubina untuk mempertahankan strategi jasa pendidikan di dalam lembaganya. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan menjadi sebuah informasi terkait lembaga pendidikan islam SMA Islam Fathan Munina tentang strategi merek jasa yang digunakan.
References
Anjel, C. C. P., Lengkong, B. L., Mandagi, D. W., & Kainde, S. J. (2022). Branding institusi pendidikan melalui media sosial Instagram. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 44-58.
Maulana, F. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).
Fahreza, R. M., & Kholik, A. (2024). Strategi Digital Marketing Institut Agama Islam Sahid. Karimah Tauhid, 3(4), 4422-4430.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (Global Edition). Edisi 15e. England: Pearson.
Nurbawani, A. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di Lembaga Pendidikan Baru Pada Era Marketing 4.0 (Studi Kasus di SMK BP Subulul Huda). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 52-73.
Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 65-86.
Qarlina, C. D., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi Terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta. Technomedia Journal, 8(1 Special Issues), 82-91.. HTTPS://DOI.ORG/10.33050/TMJ.V8I1SP.2054.
Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (society 5.0 dan revolusi industri 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 1117-1125).
Wijaya, C., Aziza, S., & Hasanah, W. (2019). Pelanggan dan Kepuasan. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 4(2), 16-25.
Zakaria, W., Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2023). Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 1(2), 64-75..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nova Winda Fitriana, Abdul Kholik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.