Fungsi Komunikasi Organisasi dalam Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik

Authors

  • Annisa Nursyahrani Universitas Djuanda
  • Ira Magfiroh Universitas Djuanda
  • Reihan Afriyandi Universitas Djuanda
  • Abin Riyan Arifin Universitas Djuanda
  • Oetje Subagdja Universitas Djuanda
  • Faisal Tri Ramdani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14489

Keywords:

Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Organisasi, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik

Abstract

Komunikasi dalam organisasi adalah elemen yang sangat penting, karena merupakan faktor utama dalam mendorong keberhasilan suatu organisasi. Melalui komunikasi yang efektif, organisasi dapat melakukan koordinasi, mencapai tujuan yang diinginkan, serta mengarahkan dan memotivasi anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran komunikasi organisasi, khususnya dari ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP), dalam meningkatkan motivasi berorganisasi anggotanya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada pengurus HIMA-AP periode 2023-2024. Fokus utama penelitian ini adalah memahami bagaimana komunikasi mempengaruhi berbagai aspek operasional dalam organisasi, seperti koordinasi kegiatan, penyampaian informasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, pengembangan budaya organisasi, motivasi anggota, serta integrasi dan kerja sama.

Hasil dari penelitian ini akan memberikan wawasan tentang pentingnya komunikasi yang efektif dalam mendukung berbagai fungsi operasional organisasi, dan bagaimana komunikasi dari pimpinan dapat secara signifikan meningkatkan semangat dan partisipasi anggota dalam kegiatan organisasi.

References

Abijaya, S., Wildanu, E., & Jamaludin, A. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 17–26.

Fatmawati, I., & Pd, S. (n.d.). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Jurnal REVORMA, 2(2).

Siregar, F. A., & Usriyah, L. (2021). Peranan komunikasi organisasi dalam manajemen konflik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 163-174.

Supratman, Lucy Pujasari. "Aktivitas Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Meningkatkan Partisipan Program Kerja Di Masa Pandemi Covid-19." eProceedings of Management 9.6 (2022).

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Nursyahrani, A., Magfiroh, I., Afriyandi, R., Arifin, A. R., Subagdja, O. ., & Ramdani, F. T. (2024). Fungsi Komunikasi Organisasi dalam Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik. Karimah Tauhid, 3(9), 10141–10155. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14489