Komunikasi Krisis PT. Putra Prima Glosia dalam Mengatasi Isu Negatif Produk Helm Cargloss Palsu di Kota Bogor

Authors

  • Fenza Fadli Rachman Universitas Djuanda
  • Muhammad Lutfie Universitas Djuanda
  • Desi Hasbiyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14354

Keywords:

Komunikasi Krisis, Teori Image Restoration, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi krisis yang diterapkan oleh PT. Putra Prima Glosia dalam menangani isu negatif terkait peredaran helm Cargloss palsu di kota Bogor. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini berfokus pada penerapan Teori Image Restoration oleh Benoit (2014), yang mencakup lima strategi utama: menyangkal, menghindari tanggung jawab, mengurangi serangan, tindakan korektif, dan menanggung akibat krisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PT. Putra Prima Glosia berhasil menerapkan langkah-langkah proaktif, transparan, dan responsif, seperti audit internal, peningkatan komunikasi, edukasi konsumen, dan teknologi verifikasi. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat reputasi merek, dan memastikan keaslian serta kualitas produk, sehingga perusahaan mampu mengelola krisis dengan baik dan mempertahankan integritas mereknya di pasar.

References

Anwar Arifin. (2011). Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astari Clara Sari, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti & Nurul Ainun. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Ayub Ilfandi Imran. (2017). Komunikasi Krisis. Yogyakarta: Deepublish.

Avidar, R. (2017). Public relations and social businesses: The importance of enhancing engagement. Public Relations Review, 43(5), 955-962.

Benoit, W. L. (2014). Accounts, excuses, and apologies: Image repair theory and research. New York: SUNY Press.

Berg, K. T., & Gibson, K. (2011). Hired guns and moral torpedoes: Balancing the competing moral duties of the public relations professional. PRism Online PR Journal, 8 (1), 1 -12.

Bungin, Burhan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada

Coombs, W. T. (2014). Ongoing Crisis Communication: Planning, managing, and responding. Sage Publications. 99

Calista, K. A. (2019). Strategi Manajemen dan Komunikasi Krisis Digital Permen Pindy Susu Pasca Isu Hoaks Permen Bernarkoba (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).

Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2010). The Hand Book of Crisis Communication. Blackwell Publishing.

Coombs, W.T., & Schmidt, L. (2000). An empirical analysis of image restoration: Texaco’s racism crisis. Journal of Public Relations Research, 12, 163-178.

Dila, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan (Pendekatan Terpadu).

Bandung: Simbiosa Rekatama Media Effendy,

Fairus Hayatus Syafari (2014). Manajemen Humas Pemerintah dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 28-57.

Faustyna, Rudianto, & Rahmanita Ginting. (2022). Strategi Komunikasi Krisis. Medan: UMSU Press.

Kustiawati, K., Setiadarma, A., & Priliantini, A. (2019). Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 53-62.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication (11th ed.). USA: Waveland Press.

Natasya, F. (2022). KOMUNIKASI KRISIS HW HOTEL PADANG PASCA KEMUNCULAN PANDEMI COVID-19 (Studi

Kasus Penutupan HW Hotel Padang 1 April–31 Mei 2020) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Onong Uchjana. 2009. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Effendy,

Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

RATNASARI, D. (2022). Komunikasi Krisis Perusahaan Penerbangan (Analisis Isi Deskriptif Strategi Respons Krisis Sriwijaya Air pada akun Twitter@ SriwijayaAir dalam Kasus Kecelakaan Pesawat SJ-182 pada 9-17 Januari 2021) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Rachman, F. F. ., Lutfie, M., & Hasbiyah, D. (2024). Komunikasi Krisis PT. Putra Prima Glosia dalam Mengatasi Isu Negatif Produk Helm Cargloss Palsu di Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(7), 8100–8108. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14354

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>