Penggaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Authors

  • Bagus Rezki Wicaksono Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14132

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Pola Asuh, Perkembangan emosional anak

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan faktor penting dalam perkembangan social-emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial=emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yang mengumpulkan data dari jurnal akademik, buku teks, dan sumber terpercaya lainnya. Temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara kualitias lingkungan rumah dengan perkembangan sosial=emosional anak. Faktor faktor seperti gaya pengasuhan, hubungan orang tua-anak, dan dukungan emosional keluarga sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi, mengelola emosi, dan mengembangkan kepribadian yang sehat. Kesimpulan penelitian ini adalah pentingnya peran keluarga dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak sejak dini. Saran saya kepada para orang tua adalah ciptakan lingkungan rumah yang memperhatikan tumbuh kembang anak.

References

Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Jurnal Lentera, XVIII(1), 94–110. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/artikel EQ.pdf.

Henni Marsari, Neviyarni, dan I. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816–1822. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1182

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Wicaksono, B. R. ., & Laeli, S. (2024). Penggaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. Karimah Tauhid, 3(7), 7637–7643. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14132