Akreditasi: Persepsi Mahasiswa Tentang Penjaminan Mutu
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12081Keywords:
Penjaminan Mutu, Akreditasi, UnggulAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan secara utuh dua hal utama dalam sistem penjaminan mutu pada lembaga pendidikan tingggi, yaitu; penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal serta tujuan implementasi penjaminan mutu pada lembaga pendidikan. Dalam mendapatkan data penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif jenis library research, dengan cara mengumpulkan data-data dari buku, jurnal dan artikel. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan content analysis. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, penjaminan mutu eksternal meliputi: 1) kebijakan dan prosedur untuk penjaminan mutu; 2) persetujuan, pemantauan dan tinjauan berkala program dan penghargaan; 3) penilaian mahasiswa, 4) jaminan kualitas staf pengajar/dosen; 5) sumber belajar dan dukungan siswa; 6) sistem informasi; 7 ) informasi publik. Kedua, penjaminan mutu eksternal yaitu: 1) penggunaan prosedur; 2) pengembangan proses; 3) kriteria untuk keputusan; 4) proses sesuai dengan tujuan; 5) pelaporan; 6) prosedur tindak lanjut; 7) tinjauan pelaksanaan secara berkala; dan 8) analisis seluruh sistem. Ketiga, lima tujuan untuk penjaminan mutu pada lembaga pendidikan peningkatan, inovasi, komunikasi, motivasi dan pengawasan atau control.
References
Aliyyah, R.R.(2019). Profesionalisme Guru sebagai Aset Pengembangan Mutu Pendidikan.
Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa, 7(2), 267
. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562
Alliyah, r,r [2019] manajemen Lembaga Pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Riansyah, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.