Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11085Keywords:
Kurikulum Merdeka, Minat Belajar, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implemenasi kurikulum merdeka dalam mengelola minat belajar siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data melalui Teknik purposive sampling dengan melakukan survei pada setiap sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, wawancara semi tersturktur dan wawancara secara online kepada guru sekolah dasar. Analisis data menggunakan kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Analisis menemukan empat tema utama: praktik baik, kegiatan pembelajaran, dukungan dan hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka. Hasil penelitian menyimpulkan keberhasilan strategi efektif mengelola minat belajar siswa ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola minat belajar dan dukungan dari pihak sekolah, pemerintah, dan orang tua.
References
Alfath, A., & Azizah, F. N. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajarP (Vol. 1, Issue 2).
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. 17(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228
Made, L., Dewi, A. W., Putu, N., & Astuti, E. (2022). Hambatan kurikulum merdeka di kelas IV SDN 3 hapuan. 4(2).
Marisa, M. (2021). Curriculum inovvation “independent learning” in the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5. https://doi.org/10.36526/js.v3i2
Rahmawati Suhanda, R., Maulidia Ulfah, S., Sudrajat, Y., & Pendidikan IPS, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak SMP Negeri 3 Picung, kecamatan Picung-Pandeglang, Banten (Vol. 2, Issue 2). https://instructionaljournal.com/index.php/logos_journal|54Availableonlineathttps://instructionaljournal.com/index.php/logos_journal
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Sulkipli, A. N. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi siswa pada smp negeri 2 makkasar.
Teguh Purnawanto, A. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka.
Tinggi, S., & Islam Binamadani, A. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada Pandemi COVID. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16(1), 117–123. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andini Amalia Suwardi, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.