PENGGUNAAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI FISIKA

Main Article Content

Afridha Sesrita

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu membuat perangkat berteknik think-pair-share dan hasil pengembangannya dinyatakan telah praktis, valid dan memiliki keefektifan serta layak dipakai selama pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) model 4D yakni define, design, develop dan desseminate. Hasil akhir berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, assesmen dan lembar kerja siswa yang dinyatakan valid, efektif dan juga bersifat praktis pada aspek afektif, pskimotor dan kognitif oleh beberapa ahli dibidangnya (validator). Penggunaan perangkat berteknik think-pair-share ini ternyata mampu meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran fisika baik pada aspek afektif, psikomotor maupun kognitif.

Kata Kunci: think-pair-share, kompetensi fisika, penelitian dan pengembangan

 

 

THE USE OF THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUES FOR IMPROVING THE COMPETENCE OF PHYSICS


ABSTRACT

The purpose of the research is to create a think-pair-share technic tool and it is expected that its development results are stated to be practical, valid and have effective and feasible use during learning. This research uses research and development method (R & D) 4D model that is define, design, develop and disseminate. The final result is the implementation plan of learning, syllabus, assessment and student worksheet that is declared valid, effective and also practical on affective, psychomotor, and cognitive aspects by some experts in their field (validator). The use of think-pair-share tech device is able to improve students' competence in physics subject both on affective, psychomotor and cognitive aspects.

Article Details

How to Cite
Sesrita, A. (2017). PENGGUNAAN TEKNIK THINK-PAIR-SHARE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI FISIKA. idaktika auhidi: urnal endidikan uru ekolah asar, 4(2), 140–158. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.922
Section
Articles
Author Biography

Afridha Sesrita, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Depdikbud. 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.

Depdiknas. 2004. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran fisika. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Umum, Jakarta.

Depdiknas. 2006. Penilaian berbasis kelas. Depdiknas, Jakarta.

Depdiknas. 2008. Perangkat pembelajaran ktsp SMA. Depdiknas, Jakarta.

Ibrahim M, dkk. 2000. Pembelajaran kooperatif. Unesa, Surabaya.

Lie A. 2002. Cooperative learning. Grasindo, Jakarta.

Lufri. 2006. Strategi pembelajaran biologi, teori, praktik, dan penelitian buku ajar. UNP Press, Padang.

Suyitno A. 2006. Petunjuk praktis penelitian tindakan kelas untuk menyusun skripsi. Universitas negeri Semarang, Semarang.

Trianto. 2009. Mo0del pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.