PENGGUNAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA DOWN SYNDROME

Main Article Content

Siti Rahayu
Rasmitadila Rasmitadila
Helwiyah Makarim

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan salah satu syarat utama yang menentukan keberhasilan individu untuk terampil berbahasa semakin kaya kosakata individu semakin besar kemungkinan individu untuk terampil berbahasa termasuk siswa down syndrome yang masih memiliki kosa kata yang sedikit. Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata siswa down syndrome kelas IV melalui metode kartu kata bergambar. Subyek penelitian adalah siswa down syndrome yang berjumlah satu orang kelas IV SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah menggunakan media kartu kata bergambar pada awal pertemuan sampai akhir pertemuan terdapat peningkatan kosakata. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meingkatkan kosakata siswa down syndrome.

Kata kunci: kosakata, media kartu kata bergambar, siswa down syndrome

 

THE USE OF PICTURE WORD CARD MEDIA TO IMPROVE VOCABULARY OF DOWN SYNDROME STUDENT 

Abstract

Mastery of vocabulary is one of the main requirements that determine the success of individuals to skilled speak the more rich the vocabulary of the individual the greater the likelihood of individuals to skill in the language including students down syndrome who still have a little vocabulary. This case study research aims to increase the vocabulary of grade IV down syndrome students through the method of pictorial word cards. The subjects of the study were down syndrome student, which amounted to one person of grade IV SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Data were collected through observation, interview and documentation. The results obtained after using the pictorial word card at the beginning of the meeting until the end of the meeting there is an increase in vocabulary. The conclusion from this research that through learning by using word card of pictorial can increase vocabulary of down syndrome students.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S., Rasmitadila, R., & Makarim, H. (2018). PENGGUNAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA DOWN SYNDROME. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 94–105. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1173
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Asdi Mahastya.

Ariani, Y. (2012). Perubahan Dan Pelepasan Fonem Dalam Kegiatan Bercakap-Cakap Pada Anak Down syndrome Di Sekolah Luar Biasa Cahaya Mentari Kartasura.

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat (Meote Pembelajaran Dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus). Yogyakarta: Katahati.

Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Sunarsih. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Pias Kata Asosiasi Gambar Pada Siswa Tunagrahita Kelas D2, C1 Semeser II SLB-ABCD Simo Boyolali Tahun pelajaran 2011/2012. Universitas sebelas maret. Surakarta

Subana. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahsa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Noviani, E. (2014). Pengaruh Permainan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Autis Kelas Tk Di Sekolah Autisme Bina Anggita Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rasmitadila, R., & Goldstein, B. (2017). The Role of Special Assistant Teacher to Help Special Needs Student through Instructional Interactions in an Inclusive Classroom. International Journal of Special Education, 32, 485-506.

Rasmitadila, R., Zulela.,& Boeriswati, E. (2017). Peers’ Instructional Interactions in Inclusive Classrooms: Slow Learner Students and Typical Students. International Journal of Multidisciplinary and Current Research, 5, July/Aug, 904-911.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiqon. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Most read articles by the same author(s)