PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PENINGKATAN KETRAMPILAN PETANI PETERNAK MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA TERNAK KAMBING PERAH

Authors

  • Deden Sudrajat
  • Dede Kardaya
  • Elis Dihansih
  • Dewi Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1065

Keywords:

Etawa Peranakan, Sukamanah village

Abstract

Rendahnya produktivitas kambing perah di peternakan rakyat disebabkan karena tata kelola peternakan yang masih minim,dan belum masuknya teknologi dalam manajemen seperti teknologi pakan, reproduksi, dan teknologi hasil ternak. Desa Sukamanah memiliki potensi untuk pengembangan kambing perah karena didukung oleh luas lahan dan cuaca yang cocok untuk budidaya ternak perah dan ketersediaan tenaga kerja. Namun peternak di desa ini masih belum memahami bagaimana manajemen yang baik. Pelatihan dalam bentuk penyuluhan dan praktik langsung mengenai  manajemen budidaya kambing perah dan perbaikan kandang kambing perah telah dilakukan di desa Sukamanah.  Petani peternak antusias mengikuti kegiatan penyuluhan. Materi penyuluhan sebagian besar dapat dipahami karena mereka sudah terbiasa memelihara kambing perah dan memiliki keinginan untuk mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan.

 

References

Adriani, A. Sudono, T. Sutardi, W. Manalu Dan I-K. Sutama. 2003. Optimasi produksi anak dan susu kambing Peranakan Etawah dengan superovulasi dan suplementasi seng. Forum Pascasarjana. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor 26(4): 335 – 352.
Sujono, A.Y., 2013. Pendampingan Agribisnis Kambing Peranakan Etawah Dalam Mendukung Kota Batu Sebagai Sentra Produksi Susu. Dedikasi, 10, pp.55–64.
Sutama, I., 2008. Pemanfaatan Sumberdaya Ternak Lokal Sebagai Ternak Perah Mendukung Peningkatan Produksi Susu Nasional. Wartazoa, 18(4), pp.207–217.
SINN, R. 1983. Raising goat for milk and meat. Heifer Project International, Little Rock, Arkansas .

Downloads

Published

2018-04-17

How to Cite

Sudrajat, D., Kardaya, D., Dihansih, E., & Wahyuni, D. (2018). PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI PENINGKATAN KETRAMPILAN PETANI PETERNAK MELALUI PELATIHAN BUDIDAYA TERNAK KAMBING PERAH. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1065

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 431 times

Most read articles by the same author(s)