ANALISIS PEMASARAN CALON GUBERNUR AHOK DI PILKADA DKI 2017

Authors

  • Rachmat Gunawan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v3i2.971

Abstract

Makalah ini menjelaskan tentang bagaimana caranya menerapkan ilmu pemasaran dalam bidang politik khususnya ilmu pemasaran jasa yang berdimensi TERRA untuk memasarkan seorang kandidat Kepala Daerah di DKI Jakarta. Pembentukan tim pemasaran atau tim kampanyenya serta penekanan program pemasaran seorang Cagub DKI yang seharusnya dilakukan dan bagaimana menanggapi respon masyarakat sebagai calon pemilih di Pilkada. Selain itu pembahasannya juga menyinggung tentang suasana persaingan dan tema program apa yang harus disampaikan pada pasar calon pemilih ini. Hal lain yang dibicarakan yaitu berkaitan dengan survey tentang keinginan pasar tentang produk jasa apa yang diharapkan dari seorang Cagub yang jika sesuai dengan harapan mereka tentu akan menjadi pilihan di Pemungutan Suara Pilkada DKI 2017.


Kata Kunci: Pemasaran, Dimensi TERRA, Bauran Pemasaran Jasa

References

Hasan, Ali, 2008, Marketing, PT Buku Kita, Jakarta
Hartanto, Eko, 2017, Bauran Pemasaran Jasa www. academia.edu
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta
Pilkada DKI, 2017, KPU DKI, Jakarta
Syahirul Alim, 2016, Strategi Politik Ahok di Pilkada DKI, Kompasiana

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Gunawan, R. (2017). ANALISIS PEMASARAN CALON GUBERNUR AHOK DI PILKADA DKI 2017. Jurnal Visionida, 3(2), 39–43. https://doi.org/10.30997/jvs.v3i2.971

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 163 times