KONSEP ADAB BELAJAR MURID DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM
DOI:
https://doi.org/10.30997/jsh.v4i1.442Abstract
Adab belajar murid adalah kesopanan lahir batin oleh seseorang yang menghendaki sesuatu untuk merubah tingkah laku pada dirinya dan dilakukan dengan sengaja, baik bersifat jasmaniah maupun lahiriah. Dengan kata lain, adab belajar murid merupakan suatu sikap tata krama atau sopan santun dalam proses belajar yang ditunjukkan oleh seorang murid, baik bersifat vertikal maupun horizontal. Kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah sebuah kitab yang membahas tentang adab-adab seorang penuntut ilmu (murid) sebagai kunci sukses dalam belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsep adab belajar murid dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, mengkaji, dan menganalisis konsep adab belajar murid dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim yang ditulis oleh Syaikh Burhanuddin al-Zarnuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi yaitu cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil, hukum-hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Hasil temuan menunjukkan bahwa konsep adab belajar murid dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim yang ditulis oleh Syaikh Burhanuddin al-Zarnuji memiliki konsep adab belajar murid yang terklasifikasi ke dalam adab belajar murid terhadap Allah, adab belajar murid terhadap diri sendiri, adab belajar murid terhadap sesama (orang tua, guru, dan teman), dan adab belajar murid terhadap ilmu. Rekomendasi dalam penelitian ini yaitu hendaknya semua pihak yang berkecimpung dalam pendidikan khususnya bagi seorang murid, harus senantiasa mengaplikasikan adab-adab belajar yang tertuang dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim agar memperoleh keberhasilan dan kesuksesan dalam belajar, sehingga mendapatkan ilmu yang bermanfaat.