PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BPRS AMANAH UMMAH

Muhammad Hamdani, Tubagus Rifqy Thantawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pelaksanaan serta pengawasan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) oleh BPRS Amanah Ummah dan sejauh mana keberhasilan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan oleh BPRS Amanah Ummah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel lembaga keuangan syariah di Kabupaten Bogor. Hasil dalam penelitian ini adanya ketidak jelasan antara penyaluran dana CSR (Corporate Social Responsibility) dan dana ZIS yang ada di BPRS Amanah Ummah, sehingga belum diketahui sejauh mana keberhasilan program pemberdayaan masyarakat melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) BPRS Amanah Ummah.

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat; Corporate Social Responsibility; BPRS Amanah Ummah

Full Text:

PDF

References

Fauziah Khusnul, 2013, Jurnal Dinamika Akuntansi Vol V, No 1, Analisis Pengungkapan tanggung Jawab Sosial perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Sosial Reporting Indeks, Semarang

Fifta Haris, 2012, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Analisis Pelaksanaan dan Pengungkapan CSR (Corporate Social responsibility) Pada Perbankan Syariah di Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting (ISR).

Mardikanto Totok, 2014, CSR (Corporate Sosial Responsibility) Tamggumg Jawab Sosial, Cetakan-1, Bandung, Alfabeta.

Sholeh Chabib, 2014, Dialektika Pembangunan Dengan Pemberdayaan, Cetakan- 1, Bandung, Fokusmedia.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitan Kombinasi (Mixed Methods), Cetakan-3, Bandung, Alfabeta.

Sujarweni Wiratna, 2014, Metodologi Penelitian, Cetakan-1, Yogyakarta, PT Pustaka Baru.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.