https://ojs.unida.ac.id/educivilia/issue/feed Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2024-01-31T07:55:36+00:00 Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I. zahra.khusnul.latifah@unida.ac.id Open Journal Systems <p>EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a periodic scientific journal published twice a year (January and July) by the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Djuanda Bogor. EDUCIVILIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat is provide a platform welcoming and acknowledging high quality original research articles of community services in the field of education. </p> <p>The Journal published with P-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1580887302">2721-1541</a> of its print version, and had its online version with E-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1583895468">2721-5113</a> in accordance with the policy of LIPI.</p> https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10357 Pengembangan Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Komprehensif di Lingkungan SDN Bendungan 01 2023-12-30T09:41:35+00:00 Hamurdani hamurdani12@gmail.com Patimah hamurdani12@gmail.com Zahra Khusnul Lathifah hamurdani12@gmail.com <p>Perpustakaan yang dimiliki SDN Bendungan 01 adalah aset berharga dalam mendukung pembelajaran komprehensif. Meskipun memiliki potensi perpustakaan yang cukup baik. Namun, perpustakaan di SDN Bendungan 01 juga menghadapi sejumlah permasalahan yang memerlukan pengembangan dan perhatian serius. Berdasarkan hal tersebut, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk pengembangan manajemen perpustakaan sebagai pusat pembelajaran komprehensif di lingkungan SDN Bendungan 01. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi permasalahan, penentuan tujuan, perancangan program, keterlibatan stakeholder, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa Pengembangan manajemen perpustakaan melibatkan beberapa tahapan penting, termasuk inventarisasi, katalogisasi, pemeliharaan, dan perawatan. Inventarisasi dan katalogisasi memungkinkan pengelolaan koleksi buku menjadi lebih efisien dengan proses pengumpulan data, klasifikasi, pengindeksan, dan penyimpanan data yang akurat. Pemeliharaan serta perawatan buku bertujuan untuk menjaga koleksi dalam kondisi baik, meningkatkan pelayanan, dan mengurangi kerugian. Hasil dari upaya ini di SDN Bendungan 01 mencakup pembentukan database yang rinci, peningkatan aksesibilitas, koleksi yang terjaga dengan baik, pelayanan yang ditingkatkan, dan efisiensi operasional. Dengan demikian, manajemen perpustakaan yang efektif berperan dalam mendukung pembelajaran yang lebih baik dan relevan, menjadikan perpustakaan di SDN Bendungan 01 sebagai pusat pembelajaran yang komprehensif.</p> 2024-01-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/11445 Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sdn Sukamanah 01 Melalui Pengajian Rutin 2023-12-30T13:18:27+00:00 Siti Novi Nurkomala novinurkom@gmail.com Misrina Salsabila misrinasalsabila01@gmail.com Isti Ghifari istighifariii@gmail.com Hesti Salsabillah salsaasa6@gmail.com Neneng Alfiyani nenengalfiyani34@gmail.com Leni leni44058@gmail.com Ade Raihan aderaihan824@gmail.com Didin Syamsudin didin.syamsudin@unida.ac.id <p>Di era saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan membawa pengaruh budaya asing masuk ke dalam lingkungan masyarakat. Pendidikan sangat dibutuhkan untuk menjadi tameng terkuat agar dapat menjaga karakter masyarakat sehingga tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif seiring berkembangnya zaman. Karakter merupakan sikap pada seseorang, karakter yang baik sangat penting dibentuk dan ditanamkan pada siswa SD. Kegiatan Pengajian yang dilasanakan di SDN Sukamanah suatu program yang sudah diterapkan dan dilaksanakan setiap 1 minggu sekali pada hari Jum’at pagi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai karakter siswa melalui pembiasaan pengajian rutin setiap hari Jum’at di SDN Sukamanah 01 Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kegiatan pengajian rutin di SDN Sukamanah 01 memberikan pengaruh baik dalam penguatan pendidkan karakter melalui pembiasan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at ialah siswa dapat lebih disiplin dan tertib dalam mengikuti kegiatan yang dilasanakan di sekolah serta mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru, peningkatan dalam ahklak dan sopan santun kepada orangtua dan guru. Ada beberapa karakter yang terbentuk dalam diri siswa berkenaan dengan pembiasaan pengajian rutin yaitu karakter: religius, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab.</p> 2024-01-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10409 Peningkatan Literasi Baca Anak Melalui Pojok Literasi Dan Pengelolaan Perpustakaan Di Sdn Pasir Muncang 02 2023-12-20T03:17:56+00:00 Resti Yektyastuti Resti.yektyastuti@unida.ac.id Annisa Mawardini annisa.mawardini@unida.ac.id Dhea Amalia Novia dhea@gmail.com Nisa Assilmi Dewi nisaassilmi@gmail.com Adjie Ramdani adjie.ramdani@unida.ac.id <p>Peningkatan literasi baca memiliki dampak langsung pada pencapaian tujuan pendidikan nasional. Literasi yang baik memberikan dasar yang kuat untuk pemahaman dalam berbagai mata pelajaran dan membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari pengabdia kepada Masyarakat ini untuk menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca, menghadirkan kesenangan dalam membaca, dan memberikan dukungan bagi perkembangan literasi baca anak-anak di SDN Pasir Muncang 02 melalui pojok literasi dan pengelolaan perpustakaan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menggunakan 4 tahap seperti refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini menunjukan Permasalahan yang dihadapi oleh SDN Pasir Muncang 02 dalam konteks literasi baca anak memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan pendidikan dan pertumbuhan intelektual siswa. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan pihak sekolah, kami mengidentifikasi beberapa permasalahan utama yang dihadapi mitra kami: Keterbatasan sumber daya alam (SDA) dan Bahan Bacaan yang Bermutu, Rendahnya Minat Baca Anak-anak, Keterbatasan Keterampilan Pengelolaan Perpustakaan. &nbsp;Dengan penyediaan pojok literasi dan pengelolaan perpustakaan ini bisa menjadi sarana bagi anak-anak, dapat memfasilitasi mereka dalam menambah wawasan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku pelajaran, edukasi, ilmu pengetahuan umum dan sebagainya.</p> 2024-01-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/11226 Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU 2024-01-01T13:33:20+00:00 Muhammad Doni Sanjaya donireni837@gmail.com Muhammad Rama Sanjaya muhamadramasanjaya@gmail.com <p>Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertempat di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Adapun judul materi yang disampaikan yaitu Pelatihan Penulisan Paragraf di SMP Negeri 48 SATAP OKU. Latar belakang penyuluhan ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Kesalahan dalam penulisan seringkali terjadi. Hal ini diakibatkan oleh motivasi yang rendah, pengetahuan yang masih minim dan lain sebagianya. Fenomena ini memang sering terjadi dalam lingkungan sekolah. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pelatihan penulisan yang lebih optimal. Oleh karena itulah perlu dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam menulis khususnya di SMP Negeri 48 SATAP OKU, sehingga kemampuan siswa dalam menulis dapat menjadi lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan observasi, penyuluhan, dan mendemonstrasikan langkah-langkah dalam menulis paragraf. Pengabdian ini menitikberatkan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis khususnya paragraf. Sehingga pada akhirnya nanti dapat menjadi bekal siswa dalam memasuki dunia kerja.</p> 2024-01-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10382 Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Program Sudut Literasi di RT 02/RW 01 Kp. Bendungan Desa Bendungan 2024-01-16T14:14:30+00:00 Aenun Rahmawati nuninunrahmawati@gmail.com Radif Khotamir Rusli radif.kr@unida.ac.id Zahra Khusnul Lathifah zahra.khusnul.lathifah@unida.ac.id <p>Bimbingan belajar adalah pemberian dukungan kepada siswa melalui pembimbing dengan keahlian di bidang dukungan akademik yang relevan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui perlu diadakannya bimbingan belajar yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar&nbsp; bagi peserta didik. Metode yang digunakaan pada penelitian ini dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan 4 tahap diantaranya ; refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Motivasi belajar dapat menurun jika ada yang mengalami kesulitan belajar, lingkungan yang tidak nyaman, kehilangan minat, kurangnya dukungan sosial dan lainnya. Sudut literasi merupakan sebagai wadah proses pemberian dukungan, arahan, dan bantuan kepada individu dalam meningkatkan kemampuan belajar, kreativitas, pemahaman materi, dan prestasi akademik mereka. Ini adalah bentuk pendampingan pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta belajar mencapai potensi terbaik mereka dalam pembelajaran maupun luar pembelajaran. Dari hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sudut Literasi Desa Bendungan RT 02/ RW 01 berperan penting dalam meningkatkan minat membaca masyarakat khususnya anak-anak berusia 6 sampai dengan 18 tahun. Selain meningkatkan minat belajar adanya sudut literasi dapat juga meningkatkan kemampuan membaca, pemahaman, pengetahuan dan keterampilan anak.</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/11683 Pelatihan Pengelolaan Sampah Melalui Program Bank Sampah Pada Masyarakat Kelurahan Cikini 2024-01-17T07:57:15+00:00 Edwin Futuhal Arifin Basyah edwinfutuhalab2@gmail.com Adam Hafidz Al Fajar hafizhalazharie@gmail.com <table width="100%"> <tbody> <tr> <td width="68%"> <p>Masyarakat Kelurahan Cikini pada awalnya dihadapkan pada permasalahan serius terkait pembuangan sampah sembarangan dan kurangnya pemahaman dalam membedakan jenis sampah. Tingkat pengetahuan yang rendah mengenai pengelolaan sampah menjadi hambatan utama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk mengatasi masalah ini, muncul inisiatif Bank Sampah ORADES sebagai program yang bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat. Bank Sampah ORADES menggunakan pendekatan penyadaran melalui penyuluhan, pelatihan pemilahan sampah, dan evaluasi terhadap perilaku masyarakat Cikini. Pelatihan dilakukan di Balai Warga dan rumah, memfasilitasi warga untuk memilah sampah dalam tiga wadah berbeda. Proses pemberdayaan melibatkan sosialisasi, penyuluhan, dan evaluasi untuk memastikan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan berhasil diterapkan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kesadaran dan keterampilan masyarakat Cikini dalam pengelolaan sampah. Selain itu, program ini berhasil menciptakan nilai ekonomis dari sampah yang sebelumnya dianggap tidak bernilai. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan membantu menentukan metode terbaik dalam pelaksanaan program, sehingga Bank Sampah ORADES dapat terus berkontribusi pada upaya menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cikini. Dengan demikian, program ini tidak hanya berhasil merubah perilaku masyarakat terhadap sampah, tetapi juga memberikan dampak positif secara ekonomis dan lingkungan.</p> <p>&nbsp;</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10270 Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MI Amaliyah Desa Sukakarya Melalui Sosialisasi Pengelolaan Kelas Dengan Metode Dan Media Pembelajaran Kreatif 2024-01-08T05:05:04+00:00 Siti Uswatun Khasanah fanan1710@gmail.com Mirna Sukoyati mirnasukoyati@gmail.com Erika Chunju Nurannisa erikaehunju@gmail.com Rasmitadila rasmitadila@unida.ac.id <p>Tujuan dari program pengabdian ini adalah mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Permasalahan spesifik yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan para guru di MI Amaliyah Dusun Cijulang, Desa Sukakarya, tentang pengelolaan kelas dengan metode dan media pembelajaran kreatif. Hal ini mengakibatkan kurangnya semangat belajar siswa di MI Amaliyah. Metode pelaksanaan program pengabdian ini secara garis besar adalah dengan menggunakan penelitian tindakan <em>(Action Research)</em>. Tindakan yang diambil oleh tim KKN-T adalah melaksanakan sosialisasi mengenai pengelolaan kelas dengan metode dan media pembelajaran kreatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui dua penilaian, yaitu evaluasi melalui observasi langsung dan evaluasi berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil evaluasi program pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan para guru di MI Amaliyah dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan menarik. Mereka juga lebih terampil dalam menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kreativitas siswa, partisipasi, motivasi belajar, dan perubahan sikap.</p> 2024-01-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10217 Pembuatan Reading Garden Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Sdn Cinagara 03 2023-09-11T14:02:59+00:00 Namira Fauziah namirafauziah223@gmail.com Annisa Noviyanti annisanovianti997@gmail.com Dharmawan Muhammad Irfan dharmawanm.i16@gmail.com Irman Suherman irman.suherman@unida.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh <em>reading garden </em>terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan <em>reading garden </em>juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan <em>reading garden</em>, tahap pelaksanaan berupa pembuatan <em>reading garden </em>yang dilakukan, dan tahap pengawasan &amp; evaluasi yakni menganalisis apakah <em>reading garden </em>berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya <em>reading garden. </em>Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya <em>reading garden </em>ini. Selain menambah minat baca peserta didik, <em>reading garden </em>juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di <em>reading garden </em>tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh <em>reading garden </em>terhadap peningkatan minat baca siswa. Selain itu, pembuatan <em>reading garden </em>juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan prasarana yang ada di SDN Cinagara 03, membantu siswa untuk dapat meningkatkan literasi membaca, serta meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 4 tahapan kegiatan yang dilakukan, yaitu tahap pengamatan berupa survey awal pada mitra, tahap persiapan yakni menyiapkan segala penunjang pembuatan <em>reading garden</em>, tahap pelaksanaan berupa pembuatan <em>reading garden </em>yang dilakukan, dan tahap pengawasan &amp; evaluasi yakni menganalisis apakah <em>reading garden </em>berpengaruh terhadap peningkatan minat baca. Dalam hasil analisis yang dilakukan selama seminggu terakhir, ditemukan bahwa baik peserta didik, maupun tenaga pendidik, cukup terbantu dengan adanya <em>reading garden. </em>Peserta didik cenderung lebih senang membaca di waktu luang, baik di jam istirahat maupun jam kosong. Disamping itu, wali murid pun cukup mengapresiasi dari adanya <em>reading garden </em>ini. Selain menambah minat baca peserta didik, <em>reading garden </em>juga menambah nilai estetika salah satu fasilitas yang ada di SDN Cinagara 03. Hanya saja, dari hasil evaluasi yang dilakukan, bahwasanya untuk buku yang ada di <em>reading garden </em>tersebut masih terbatas. Rata-rata buku yang ada disana yaitu buku pelajaran umum, dan hanya sebagian kecil buku yang berisi tentang cerita anak, maupun buku pengetahuan umum lainnya.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10286 Implementasi Metode Bermain dan Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dasar pada anak-anak Desa Cipambuan 2024-01-31T07:55:36+00:00 Mara Irpan Pane mara.irpan.pane@unida.ac.id Muhammad Ichsan muhammad.ichsan@unida.ac.id Ilma Agnia Ardiawati ilmaagnia09@gmail.com <p>Penelitian ini menjadikan bernyanyi sebagai metode pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi anak-anak desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang. Penelitian ini berfokus pada peningkatan berbagai keterampilan berbahasa, termasuk menulis (kitabah), mendengarkan (istima'), membaca (qiraah), dan berbicara (kalam), melalui penggunaan lirik lagu dalam bahasa Arab. Metode bernyanyi ialah siswa mempelajari kosa-kata Bahasa Arab dengan menyanyikan lagu-lagu dengan lirik sederhana. Selain itu, permainan kosa-kata digunakan, seperti mengaitkan kata dengan tindakan untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa sambil membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini juga membahas signifikansi metode pengajaran dalam pemerolehan bahasa, dengan menekankan bahwa pilihan metode sangat memengaruhi minat dan motivasi siswa. Ini menyoroti pentingnya menggabungkan berbagai strategi pengajaran untuk menciptakan pengalaman pembelajaran bahasa yang komprehensif. penelitian ini juga menekankan bahwa bernyanyi, tidak dijadikan sebagai satu-satunta. Tetapi salah satunya sehingga metode ini di kombinasikan dengan metode-metode lainnya dalam satu kali pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan bermain memiliki efek positif pada keterampilan bahasa Arab siswa, memperkaya kosakata mereka, meningkatkan pengucapan, meningkatkan pemahaman mendengarkan, dan meningkatkan motivasi secara keseluruhan.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/10288 Pelatihan Penulisan Puisi Untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar 2023-09-14T06:34:38+00:00 Muhammad Ichsan muhammad.ichsan@unida.ac.id Rini Rifani Rini.rifani@unida.ac.id Siti Nadilah siti.nabilah@unida.ac.id Neli Suryani Putri Neli Suryani Putri neli.suryani.putri@unida.ac.id Dianti Sriayuni diantisriayuni2020@unida.ac.id <p>Menulis merupakan salah satu dari empat jenis keterampilan berbahasa. Dalam menulis, kita berharap seseorang mampu mengekspresikan dirinya sehingga mampu mengkomunikasikan gagasannya secara kreatif. Tujuan menulis adalah untuk menginformasikan, mengajak, membujuk, menghibur dan mengungkapkan perasaan dan emosi. Kreativitas seorang penulis, khususnya dalam menulis puisi, diekspresikan dalam pemilihan kata. Di SDN Citaringgul 03 Hanya sebagian siswa saja yang mengetahui apa itu puisi, sedangkan sebagian lagi belum mengetahui apa itu puisi. Hal ini disebabkan siswa belum memahami apa itu keterampilan menulis puisi yang terlihat dari hasil menulisnya seperti menulis karangan deskriptif tanpa menggunakan bahasa konotatif atau kiasan. Perbendaharaan kata mereka masih terbatas sehingga mereka kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya. dalam pikiran mereka. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memahami teknik menulis puisi dan meningkatkan kemampuan&nbsp; menulis puisi siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode dengan tahapan tahapan nya yang berfokus kepada penyajian materi terkait konsep dasar puisi dan penulisan puisi dengan teknik praktik terbimbing. Kegiatan ini menimbulkan pengetahuan dan pengalaman baru bagi peserta tentang puisi khususnya tentang teknik menulis puisi. Para siswa pun sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Siswa mengamati, meniru dan didorong untuk mempraktikkan teknik&nbsp; puisi sesuai tahapan&nbsp; menulis puisi. Siswa merasakan manfaat dari proses pelatihan khususnya teknik&nbsp; menulis puisi terbimbing. Siswa sekarang dapat memilih kata dan menggunakan morfem verbal.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024