Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19
Main Article Content
Abstract
Dengan adanya pandemi global virus Covid-19 kegiatan seminar pun bisa dilakukan secara online yang biasa dikenal dengan sebutan Webinar, serta menggunakan akses jaringan internet. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang belum diketahui, menjadi wawasan baru kepada setiap peserta workshop sesuai dengan minat dan bakat dalam bidang profesinya yang dimiliki oleh setiap anak. Metode yang digunakan webinar yang berjudul Bincang Bareng Keluarga Risman diakses melalui koneksi internet serta tatap muka dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pembelajaran daring dapat diberikan dalam bentuk webinar yang berisi penjelasan edukasi dan informasi mengenai suatu hal. Hambatan dalam menggunakan webinar ini terdapat pada koneksi internet, kegiatan ini dapat mendorong seorang siswa atau mahasiswa mengikuti pembelajaran yang berbasis digital dan bekerja serta belajar dari rumah.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Amran, A. (2015). Peranan agama dalam perubahan sosial masyarakat. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 23–39.
Ansor, M. (2014). Berbagi suami atas nama Tuhan: pengalaman keseharian perempuan dipoligami di Langsa. Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 14(1), 41–63.
Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98–106.
Franzak, J. K. (2006). Zoom: A review of the literature on marginalized adolescent readers, literacy theory, and policy implications. Review of Educational Research, 76(2), 209–248.
Hermawan, S., Purnomo, S., Sally, P., & Riesky, D. (2018). Menanamkan rasa peduli terhadap Lingkungan dimulai dari kecil. Petra Community Service, 3(2), 1–10.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Khobir, A. (2009). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. In Forum Tarbiyah, 7(2), 197–208.
Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal I-Afkar, 5(1), 80–105.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.
Mefford, H. C., Sharp, A. J., Baker, C., Itsara, A., Jiang, Z., Buysse, K., ... & Collins, A. (2008). Recurrent rearrangements of chromosome 1q21. 1 and variable pediatric phenotypes. Journal of Medicine, 359(15), 1685–1699.
Mulyono, S., Ardianto, D. T., & Srisanto, E. (2017). Perancangan Video Tutorial Audio Dalam Mata Kuliah Audio Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 10(1), 1–6.
Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.
Olson, M. H., & Primps, S. B. (1984). Working at Home with Computers: Work and Nonwork Issues. Journal of Social Issues, 40(3), 97–112.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Rahmani, R. P., & Hawadi, L. F. (2019). Strategi peningkatan pengetahuan ibu tentang penalaran induksi dalam pendisiplinan anak pra sekolah melalui seminar online. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 167–176.
Setyawati, N. (2020). Implementasi sanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah saat terjadinya pandemi COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 135–135.
Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.
Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61–70.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 20–28.
Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.