Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19

Main Article Content

Ramdiani Nurohmah
http://orcid.org/0000-0001-7993-6087
Nurul Aini
Abdul Kholik
Novi Maryani

Abstract

Dengan adanya pandemi global virus Covid-19 kegiatan seminar pun bisa dilakukan secara online yang biasa dikenal dengan sebutan Webinar, serta menggunakan akses jaringan internet. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang belum diketahui, menjadi wawasan baru kepada setiap peserta workshop sesuai dengan minat dan bakat dalam bidang profesinya yang dimiliki oleh setiap anak. Metode yang digunakan webinar yang berjudul Bincang Bareng Keluarga Risman diakses melalui koneksi internet serta tatap muka dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Pembelajaran daring dapat diberikan dalam bentuk webinar yang berisi penjelasan edukasi dan informasi mengenai suatu hal. Hambatan dalam menggunakan webinar ini terdapat pada koneksi internet, kegiatan ini dapat mendorong seorang siswa atau mahasiswa mengikuti pembelajaran yang berbasis digital dan bekerja serta belajar dari rumah.

Article Details

How to Cite
Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2834
Section
Articles

References

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.

Amran, A. (2015). Peranan agama dalam perubahan sosial masyarakat. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 23–39.

Ansor, M. (2014). Berbagi suami atas nama Tuhan: pengalaman keseharian perempuan dipoligami di Langsa. Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 14(1), 41–63.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar kelas V pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 98–106.

Franzak, J. K. (2006). Zoom: A review of the literature on marginalized adolescent readers, literacy theory, and policy implications. Review of Educational Research, 76(2), 209–248.

Hermawan, S., Purnomo, S., Sally, P., & Riesky, D. (2018). Menanamkan rasa peduli terhadap Lingkungan dimulai dari kecil. Petra Community Service, 3(2), 1–10.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Khobir, A. (2009). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. In Forum Tarbiyah, 7(2), 197–208.

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal I-Afkar, 5(1), 80–105.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Mefford, H. C., Sharp, A. J., Baker, C., Itsara, A., Jiang, Z., Buysse, K., ... & Collins, A. (2008). Recurrent rearrangements of chromosome 1q21. 1 and variable pediatric phenotypes. Journal of Medicine, 359(15), 1685–1699.

Mulyono, S., Ardianto, D. T., & Srisanto, E. (2017). Perancangan Video Tutorial Audio Dalam Mata Kuliah Audio Visual. Jurnal DKV Adiwarna, 10(1), 1–6.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72–78.

Olson, M. H., & Primps, S. B. (1984). Working at Home with Computers: Work and Nonwork Issues. Journal of Social Issues, 40(3), 97–112.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Rahmani, R. P., & Hawadi, L. F. (2019). Strategi peningkatan pengetahuan ibu tentang penalaran induksi dalam pendisiplinan anak pra sekolah melalui seminar online. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 167–176.

Setyawati, N. (2020). Implementasi sanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah saat terjadinya pandemi COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 135–135.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61–70.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 20–28.

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.