Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Berbasis Pelatihan Hidroponik dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat

Main Article Content

R Siti Pupu Fauziah
Novi Maryani

Abstract

Meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga menjadi bagian penting dalam upaya mencapai keluarga bahagia dan sejahtera, salah satu cara peningkatan ketahanan ekonomi keluarga adalah dengan menumbuhkan karakter cinta lingkungan dengan pemanfaatan halaman rumah menjadi produktif melalui tanaman hidroponik. Karakter cinta lingkungan alam merupakan sikap yang ditunjukkan dengan perbuatan menjaga lingkungan alam sekitarnya. Sikap ini juga ditunjukkan dengan tindakan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi. Karakter ini membuat kelangsungan alam terjaga. Karakteristik khusus pada kegiatan pengabdian ini adalah berfokus pada optimalisasi kegiatan ibu-ibu di Desa Cilengsi Kampung Tapos, karena alternatif media tanam yang murah, serta edukasi tentang pengelolaan anggaran rumah tangga, untuk membandingkan sisi cost and benefit yang diperoleh dengan melaksanakan program ini. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu bagaimana meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat kampung Tapos, Desa Cilengsi, Bogor melalui pelatihan hidroponik serta menumbuhkan nilai karakter cinta lingkungan pada masyarakat. Program pelatihan hidroponik adalah program pelatihan bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Tujuan diadakannya pelatihan ini sebagai salah satu bentuk membantu ketahanan ekonomi keluarga di Kp Tapos Desa Cileungsi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu menumbuhkan karakter cinta lingkungan kepada masyarakat serta meningkatnya perekonomian masyarakat warga Kp Tapos Desa Cilengsi, Bogor.

Article Details

How to Cite
Fauziah, R. S. P., & Maryani, N. (2020). Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Berbasis Pelatihan Hidroponik dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 79–86. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2603
Section
Articles

References

Alviani, P. (2015). Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Jakarta: Ibit Publisher.

Daryanto, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter kajian teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesda Karya.

Suryani, R. (2019). Hidroponik,Budi Daya Tanaman Tanpa Tanah(Mudah,Bersih dan Menyenangkan). Yogyakarta: Arcitra.
Umar, dkk. (2018). Jago Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Jakarta: Agro Media Pustaka.