Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Berbasis Pelatihan Hidroponik dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga menjadi bagian penting dalam upaya mencapai keluarga bahagia dan sejahtera, salah satu cara peningkatan ketahanan ekonomi keluarga adalah dengan menumbuhkan karakter cinta lingkungan dengan pemanfaatan halaman rumah menjadi produktif melalui tanaman hidroponik. Karakter cinta lingkungan alam merupakan sikap yang ditunjukkan dengan perbuatan menjaga lingkungan alam sekitarnya. Sikap ini juga ditunjukkan dengan tindakan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi. Karakter ini membuat kelangsungan alam terjaga. Karakteristik khusus pada kegiatan pengabdian ini adalah berfokus pada optimalisasi kegiatan ibu-ibu di Desa Cilengsi Kampung Tapos, karena alternatif media tanam yang murah, serta edukasi tentang pengelolaan anggaran rumah tangga, untuk membandingkan sisi cost and benefit yang diperoleh dengan melaksanakan program ini. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu bagaimana meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat kampung Tapos, Desa Cilengsi, Bogor melalui pelatihan hidroponik serta menumbuhkan nilai karakter cinta lingkungan pada masyarakat. Program pelatihan hidroponik adalah program pelatihan bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Tujuan diadakannya pelatihan ini sebagai salah satu bentuk membantu ketahanan ekonomi keluarga di Kp Tapos Desa Cileungsi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu menumbuhkan karakter cinta lingkungan kepada masyarakat serta meningkatnya perekonomian masyarakat warga Kp Tapos Desa Cilengsi, Bogor.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Daryanto, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kementerian Lingkungan Hidup. (2011). Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter kajian teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesda Karya.
Suryani, R. (2019). Hidroponik,Budi Daya Tanaman Tanpa Tanah(Mudah,Bersih dan Menyenangkan). Yogyakarta: Arcitra.
Umar, dkk. (2018). Jago Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Jakarta: Agro Media Pustaka.