Menumbuhkan Budaya Baca melalui Penyediaan Fasilitas Bacaan
Main Article Content
Abstract
Program PKM dilatarbelakangan kurangnya minat baca para siswa MI Mathlaul Anwar akibat tidak tersedia fasilitas bacaan. Tujuan program yaitu untuk menumbuhkan minat baca pada siswa dan siswi MI Mathlaul Anwar melalui penyediaan fasilitas (ruang) baca. Pelaksanaan program dilakukan dalam tiga bentuk kegiatan yaitu rehabilitasi ruang baca, penyediaan bahan bacaan, dan seminar motivasi membaca dan belajar. Dampak dari program siswa dapat memanfaatkan ruang baca. Hal itu terlihat setelah dilakukan serah terima fasilitas membaca, para siswa antusias memanfaatkan buku-buku yang tersedia. Implikasi program sekolah harus memberikan penyadaran gemar membaca di kalangan siswa secara continue, guru memanfaatkan fasilitas ruang baca untuk sumber belajar, dan siswa membudayakan membaca
Article Details
How to Cite
Bisri, H., & Laeli, S. (2020). Menumbuhkan Budaya Baca melalui Penyediaan Fasilitas Bacaan. ducivilia: urnal engabdian ada asyarakat, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2601
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Harras, K. A. (2011). Hakikat dan Proses Membaca. In K. Harras, E. T. Priyatni, & T. Harsiati, Membaca 1 (pp. 1.1-1.15). Jakarta: Universitas Terbuka.
Ismail, T. (2006). Sastra Diantar Masuk Sekolah dengan Asyik dan Gemuruh. In A. Ismail, Mengantar Sastra ke Tengah Siswa (p. xv). Jakarta: Yayasan Indonesia dan Majalah Sastra Horison.
Martin, M. O., Mullis , I. V., & Kennedy, A. M. (2007). PIRLS 2006 Technical Report. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity, VI(2), 167-179.
Sayed, H., Newman, J., & Morrison, P. (1998). Indonesia Education in Indonesia From Crisis to Recovery. World Bank.
Warta/KS, T. (2016, April 12). Retrieved from www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8459.html
Ismail, T. (2006). Sastra Diantar Masuk Sekolah dengan Asyik dan Gemuruh. In A. Ismail, Mengantar Sastra ke Tengah Siswa (p. xv). Jakarta: Yayasan Indonesia dan Majalah Sastra Horison.
Martin, M. O., Mullis , I. V., & Kennedy, A. M. (2007). PIRLS 2006 Technical Report. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity, VI(2), 167-179.
Sayed, H., Newman, J., & Morrison, P. (1998). Indonesia Education in Indonesia From Crisis to Recovery. World Bank.
Warta/KS, T. (2016, April 12). Retrieved from www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8459.html