Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid
Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat merupakan wujud dari tri dharma Perguruan Tinggi. Menyadarkan dan menumbuhkan minat membaca anak merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekligus membentuk pribadi anak yang berkarakter. Kesadaran masyarakat perlu ditumbuhkan dengan menularkan efek-efek positif dari kegiatan membaca. Kegiatan membaca bisa dikatakan sebagai menelaah literatur, mengajak pembaca untuk memahami makna dari sebuah kalimat atau bacaan lengkap. Karenanya kegiatan membaca dikemas dalam sebuah proses yang menyenangkan, menggembirakan, dan memiliki penanaman nilai karakter tauhid. Apabila minat membaca sudah tumbuh di hati anak-anak, maka ini akan sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan dan akhlak generasi muda kedepan. Inilah yang dilakukan dosen dan mahasiswa FKIP Universitas Djuanda di desa Cibadak, sebuah kegiatan Pengabdian masyarakat yang diharapkan mampu menjadi jembatan bagi masyarakat dalam menumbuhkan minat baca dan belajar pada anak juga merealisasikan kebutuhan pendidikan karakter dalam program pembangunan desa yang berbudaya dan berbudi pekerti. Program yang dilakukan adalah mengajak dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya meningkatkan minat baca terutama bagi generasi muda adan anak-anak, pendidikan karakter berbasis nilai tauhid diperkenalkan melalui program Teras Ilmu bagi masyarakat. Teras Ilmu dirancang agar bisa menarik dan mengundang minat anak untuk ikut serta dalam membaca bahkan menelaah literatur. Program ini menitik beratkan pada penumbuhan minat baca dan belajar anak guna meningkatkan dan lebih mensejahterakan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi, terbukti bahwa program Teras Ilmu yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat di Desa Cibadak selama satu bulan berhasil menumbuhkan minat baca anak, serta membentuk mempengaruhi pola bersikap sopan santun anak terhadap orang tua. Harapan kedepan atas terselenggaranya Teras Ilmu adalah untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar juga meningkatkan karakter akhlakul karimah yang berada di lingkungan Kampung Cibadak dan menjadikan perubahan sebagai anak anak penerus Kampung Cibadak di sektor pendidikan.
Article Details
How to Cite
Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2597
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19(02), 227–252.
Toha, M., & Darmanto. (2001). Karakteristik dan Perilaku Manusia.
Yandini, E. I. (2019). Peran Perpustakaan Komunitas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Toha, M., & Darmanto. (2001). Karakteristik dan Perilaku Manusia.
Yandini, E. I. (2019). Peran Perpustakaan Komunitas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004