https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/issue/feed
ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat
2024-04-30T00:00:00+00:00
Wildan Munawar
wildan.munawar@unida.ac.id
Open Journal Systems
<p><strong>ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> | ISSN <a href="https://drive.google.com/file/d/1d10wtpxkOZC0Aqr3R4CT_kSgqrNvq83b/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener"><strong>2809-347X</strong></a> (Online) | adalah jurnal resmi yang diterbitkan oleh Universitas Djuanda Bogor sebagai media penyebarluasan, pertukaran informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh para pengabdi yang merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. <br />ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System, diterbitkan 3 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.</p> <p>Lingkup Jurnal <strong>ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> mencakup beberapa bidang ilmu berbasis kegiatan pengabdian masyarakat di bidang ekonomi antara lain: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Pemberdayaan Ekonomi, Inovasi Produk, dan lain-lain yang berkaitan dengan bidang ekonomi .</p> <p><strong>ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat </strong>telah terindeks: <a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=123654&lang=pl"><strong>Index Copernicus,</strong></a> <strong><a href="https://drive.google.com/file/d/1HwWkxwPt4dQI-W_wdjGfbxOyt6aiYrL3/view">EBSCO,</a> <a href="https://scholar.google.com/citations?user=Hn2mR_4AAAAJ&hl=id&authuser=5" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar,</a> <a href="https://search.crossref.org/?q=almujtamae&from_ui=yes&publication=ALMUJTAMAE%3A+Jurnal+Pengabdian+Masyarakat" target="_blank" rel="noopener">Crossref,</a> <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/23905" target="_blank" rel="noopener">Garuda,</a> <a href="https://www.base-search.net/Search/Results?lookfor=ALMUJTAMAE%3A+Jurnal+Pengabdian+Masyarakat&name=&oaboost=1&newsearch=1&refid=dcbasen" target="_blank" rel="noopener">BASE Index</a></strong>, dan <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?or_facet_source_title=jour.1426554" target="_blank" rel="noopener"><strong>Dimensions</strong></a>. </p>
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/6661
Pelatihan Digital Marketing Berbasis Syariah Pada Pelaku UMKM Kusen
2022-09-12T09:32:29+00:00
Nur Anisah
nuranisahale@gmail.com
Muhammad Dahlan Qushairi
dahlan.qushairi@gmail.com
Zahra Khusnul Lathifah
zahra.khusnul.lathifah@unida.ac.id
<p><em>Perkembangan pesat teknologi sangat cepat mengubah cara pemasaran di dunia dalam kurun waktu terakhir ini. Maka dari itu, tim pegabdi melakukan pelatihan digital marketing dengan tujuan membatu Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa Bendungan seperti pengrajin kusen agar lebih maju dan mengoptimalkan penjualan dengan cara yang mudah seperti pemasaran produk dengan cara online, pembayaran secara online dengan menggunakan aplikasi LinkAja Syariah sehingga mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan kusen yang ada di desa Bendungan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi digital marketing berbasis syariah ini dilakukan dengan cara observasi, pembuatan poster, sosialisasi kepada UMKM Desa Bendungan tentang digital marketing berbasis syariah, melakukan kegiatan pelatihan, pendampingan serta evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan sosialisasi digital marketing di desa Bendungan yang telah diberikan kepada masyarakat di desa Bendungan yang mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara langsung yaitu: membantu mempermudah sistem pembayaran secara online khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengrajin kusen, dan masyarakat khususnya desa Bendungan menjadi faham cara memasarkan produk dengan mengunakan media online seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Nur Anisah, Muhammad Dahlan Qushairi, Zahra Khusnul Lathifah
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11664
Pemberdayaan Ekonomi UMKM Melalui Pengenalan Pemasaran Digital di Cafe Ciesek Sebagai Sarana Promosi
2024-01-11T05:04:19+00:00
Taufik Fadilah
taufiksahrin20@gmail.com
Radif Khotamir Rusli
radif.kr@unida.ac.id
Adryan Novanda Siregar
adryannovandasiregar@gmail.com
<p><em>Potensi UMKM di Desa Cipayung Girang sangat tinggi salah satunya adalah Café Ciesek milik Bapak Usman. Akan tetapi permasalahan ditemukan di lapangan berupa kurangnya pemahaman terhadap pemasaran, yang sejatinya merupakan kunci terpenting di era digitalisasi saat ini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu usaha yang ada di Desa Cipayung Girang. Metode yang digunakan adalah melalui pendampingan usaha seperti edukasi pemasaran digital, pembuatan desain logo usaha, pembuatan akun sosial media serta penggunaan fitur Ads yang tersedia pada media sosial tersebut, agar UMKM dapat dikenal secara luas untuk meningkatkan jumlah konsumen yang juga berbanding lurus dengan peningkatan laba, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Digital marketing dipandang perlu pada era digitalisasi ini, agar dunia usaha dapat terus berinovasi dan menyusun berbagai strategi sehingga perekonomian dapat berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Taufik Fadilah, Radif Khotamir Rusli, Adryan Novanda Siregar
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/12635
Implementasi Marketing Mix 7P Pada PT. Benih Citra Asia
2024-02-23T04:32:28+00:00
Faizah Nada Dianah
faizahnadadiana@gmail.com
Amelia Agustin
imelimel1236@gmail.com
Selvi Wildatul Hamidah
seselvihamidah17@gmail.com
Agung Pranomo
agungpranomo1612@gmail.com
<p><em>Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menganalisis implem</em><em>entasi marketing mix 7P pada PT. Benih Citra Asia. </em><em>Metode yang digunakan dalam pengabdian ini ialah</em> <em>dialog interaktif dan keikutsertaan penulis dalam beberapa kegiatan kerja pada PT. Benih Citra Asia.</em> <em>Kegiatan dilakukan selama 30 hari kerja dengan penempatan tugas </em><em>oleh</em><em> pihak PT. Benih Citra Asia</em><em>. Berdasarkan hasil pengabdian, </em><em>didapatkan bahwasanya PT.</em> <em>Benih Citra Asia </em><em>telah</em><em> mengimplementasikan marketing mix 7P</em> <em>yang meliputi Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process</em><em>. </em><em>Hal ini </em><em>dapat</em><em> dibuktikan melalui kinerja perusahaan yang sesuai tujuh variab</em><em>el</em><em> tersebut.</em> <em>Mulai dari memiliki dan sudah menetapkan ciri</em> <em>khas produk, penentuan harga yang sesuai, konsep promosi yang dilakukan secara optimal, kinerja sumber daya manusia yang mumpuni, proses yang sudah terkonsep pada bagian marketing, serta bukti fisik</em><em>.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Faizah Nada Dianah, Amelia Agustin, Selvi Wildatul Hamidah , Agung Pranomo
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11663
Peningkatan Kualitas Produk UMKM Kaidah Snack Melalui Digital Marketing, Upgrading Kemasan, dan Legalitas Produk
2024-01-11T05:05:59+00:00
Suhaemi
suhaemidemonh@gmail.com
Muhamad Ichsan
muhamad.ichsan@unida.ac.id
Neli Suryani Putri
neli.suryani@gmail.com
<p><em>Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kegiatan usaha atau bisnis yang berskala lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM memiliki peran penting sebagai mesin perekonomian negara yang berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi lokal dan inovasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi dan mengembangkan UMKM di Desa Cipambuan, salah satunya UMKM Kaidah Snack. Metode yang digunakan adalah observasi melalui analisis dan wawancara tidak terstruktur. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa permasalahan-permasalahan yang terjadi di UMKM Kaidah Snack dapat diatasi dengan pemecahan solusi. Adanya pengembangan kualitas produk Kaidah Snack, seperti diversifikasi kemasan produk, pendampingan legalitas usaha dan pengembangan pemasaran digital. Diversifikasi kemasan produk dengan menggunakan kemasan pouch. Penggunaan kemasan pouch sangat memberikan kemudahan pada konsumen karena ukuran yang efisien sehingga harga dikeluarkan tidak besar baik oleh produsen maupun konsumen. Perkembangan UMKM Kaidah Snack memerlukan perizinan usaha untuk membuktikan operasional yang masih berjalan sehingga membutuhkan pendampingan mengenai pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi kehalalan produk. Pemanfaatan media sosial oleh Kaidah Snack akan memberikan dampak keuntungan bagi produk. Sehingga mendasari Kaidah Snack untuk ikut serta dalam persaingan bisnis di media sosial agar para pelaku bisnis dapat terus berkembang dan meningkatkan penjualan. Dengan demikian, adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai pasar Kaidah Snack dan mampu bersaing dengan kompetitor yang lainnya.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Suhaemi, Muhamad Ichsan, Neli Suryani Putri
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11665
Sosialisasi dan Bimbingan Pembuatan NIB Secara Online Di Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua
2024-01-11T06:00:47+00:00
Risma Puji Rianti
rismapujirianti@gmail.com
Muhammad Amin
muhammadamin@unida.ac.id
<p><em>Legalitas</em> <em>usaha</em> <em>adalah</em> <em>salah</em> <em>satu</em> <em>syarat</em> <em>untuk</em> <em>melakukan</em> <em>suatu</em> <em>usaha</em> <em>yang</em> <em>biasanya</em> <em>harus </em><em>dimiliki oleh pelaku usaha perseorangan, organisasi maupun perusahaan sebelum yang bersangkutan dapat melakukan suatu tindakan. Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan suatu identitas bagi pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS) yang harus di miliki oleh pelaku usaha atau UMKM. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan sosialisasi di Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua karena setelah dilakukan observasi dan wawancara masih banyak pelaku UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dikarenakan rendahnya pengetahuan para pelaku UMKM akan pentingnya memiliki legalitas atau izin usaha. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat memiliki bukti legalitas izin usaha sehingga nantinya mendapatkan kemudahan untuk meningkatkan usaha yang di tekuni. Dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode partisipasi aktif yaitu dengan sosialisasi dan bimbingan door to door atau secara langsung satu-persatu kepada pelaku UMKM. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terlaksananya kegiatan sosialisasi dan bimbingan dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM dalam melakukan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga nantinya dapat meningkatkan ekonomi pelaku usaha.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Risma Puji Rianti , Muhammad Amin
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/12560
Menata Ekonomi Keluarga: Sosialisasi Manajemen Keuangan di Desa Tesabela
2024-02-20T08:00:31+00:00
Sidalia Da Costa
sidaliada.costa@gmail.com
Febrianus Tage Meo
febrianustage.meo@gmail.com
Skolastika Inggrid Olivia
skolastika.inggrid@gmail.com
Maria Gratia Funan Tikneon
maria.gratia@gmail.com
Nemensius Raju
nemensius.raju@gmail.com
Hildegardis Lani Taolin
hildegardis.lani@gmail.com
Mariano Firmansyah
marianofirmansyah@gmail.com
Rere Paulina Bibiana
rere.paulina@gmail.com
Oktaviana Petrano Lela
oktaviana.petrano@gmail.com
Natalia Febryani Wea
natalia.febryani@gmail.com
<p><em>Manajemen keuangan rumah tangga memiliki peran vital dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak individu, terutama di Desa Tesabela, menghadapi kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian yang dilakukan pada 08 Februari 2024 di Desa Tesabela untuk meningkatkan pemahaman, khususnya para ibu rumah tangga, tentang manajemen keuangan yang baik. Kegiatan pengabdian terdiri dari dua kegiatan utama: penyampaian teori manajemen keuangan rumah tangga dan teori pencatatan keuangan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya merencanakan dan mengelola keuangan keluarga dengan bijak. Dengan peningkatan kesadaran ini, diharapkan masyarakat Desa Tesabela dapat mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik, menghindari utang yang tidak diinginkan, dan meningkatkan stabilitas ekonomi rumah tangga secara menyeluruh.</em></p> <p> </p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Sidalia Da Costa, Febrianus Tage Meo, Skolastika Inggrid Olivia, Maria Gratia Funan Tikneon, Nemensius Raju, Hildegardis Lani Taolin, Mariano Firmansyah, Rere Paulina Bibiana, Oktaviana Petrano Lela, Natalia Febryani Wea
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11666
Pemanfaatan Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Sale Pisang di UMKM Kampung Balandongan Desa Sukamaju
2024-01-11T06:17:55+00:00
Muhammad Husni Mubaraq
husnimubaraq67@gmail.com
Lise Purnamasari
lise.purnamasari@unida.ac.id
<p><em>Pemasaran digital merupakan suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek dengan menggunakan media digital seperti internet. Branding bertujuan agar suatu merek dari perusahaan mempunyai perencanan yang matang guna membangun atau memperbesar merek tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan survei, permasalahan terjadi pada UMKM sale pisang di kampung Balandongan belum memiliki pengetahuan tentang branding dan pemasaran digital yang memadai. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu perlunya pemanfaatan pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan sale pisang di kampung Balandongan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemasaran digital para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode yang dilakukan adalah melalui observasi lapangan, penyuluhan dan sosialisasi secara langsung kepada pelaku UMKM. Penyuluhan ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemasaran digital mulai dari meningkatkan branding melalui pengemasan dan membuat sosial media untuk memasarkan produk dari usaha. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut terkait penerapan pemasaran digital dalam branding dan promosi untuk usaha UMKM Sale di kampung Balandongan, agar menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Muhammad Husni Mubaraq, Lise Purnamasari
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11677
Peningkatan Keterampilan UMKM Melalui Branding Produk dan Pendampingan Legalitas Usaha di Desa Tajurhalang Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor
2024-01-12T04:07:33+00:00
Nadia Nur Padila
nadianurpadila@gmail.com
Tuti Kurnia
tuti.kurnia@unida.ac.id
Alya Ramandha
alyarmdh11@gmail.com
Aditya Nugraha
aditya.nugraha@gmail.com
<p><em>Desa Tajurhalang merupakan salah satu desa wisata dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor yang memiliki banyak potensi dalam bidang pertanian dan peternakan. Sebagian besar warga Desa Tajurhalang memiliki mata pencaharian sebagai pelaku UMKM. sehingga diperlukan peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan potensi hasil peternakan dan pertanian berupa pengolahan umbi-umbian, pengolahan susu sapi dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam membrandingkan produknya sehingga dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki ciri khas tersendiri. Metode yang dilakukan adalah melalui sosialisasi strategi digital marketing dan pendampingan pembuatnya legalitas usaha berupa Nomor Induk usaha (NIB). Berdasarkan hasil observasi dan survei, diperoleh informasi bahwa pelaku UMKM mengalami kendala yaitu kurangnya daya tarik pada produk yang mereka miliki karena belum adanya brand atau merek dan usaha yang dilakukan masih belum memperoleh perizinan dari pemerintah. Maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu diperlukan pendampingan kepada pelaku UMKM terutama dalam hal branding dan legalitas usaha. Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakannya program ini adalah 3 pelaku UMKM Desa Tajurhalang berhasil membuat merek produk yang unik dan inovatif dan berhasil mendaftarkan perizinan usaha kepada 11 UMKM yang dapat membantu dalam mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Nadia Nur Padila, Tuti Kurnia, Alya Ramandha, Aditya Nugraha
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11692
Penguatan UMKM Melalui Strategi Branding Dan Labelling Produk Di Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor
2024-01-13T08:33:43+00:00
Muhammad Syahrul Rahman
tutyrahman04@gmail.com
La Ode Amril
laode.amril@unida.ac.id
<p><em>Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Desa Citaringgul adalah salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam UMKM. Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan strategi branding dan labelling guna memperkuat UMKM di wilayah tersebut. Metode Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi branding yang sesuai dan meningkatkan proses labelling produk, berhasil meningkatkan visibilitas produk mereka, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik UMKM untuk terus mengembangkan strategi ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya saing usaha.</em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Muhammad Syahrul Rahman, La Ode Amril
https://ojs.unida.ac.id/almujtamae/article/view/11486
Pembangunan dan Penerapan Brand Image pada Perusahaan Alfa Multy Sukses
2023-12-24T03:51:00+00:00
Lian Andrianus
lianandrianusy19@gmail.com
Wisnu Yuwono
wisnu@uib.ac.id
<p><em>Perusahaan Alfa Multy Sukses merupakan distributor produk elektronik rumah tangga yang berkedudukan di kota Batam. Seiring berkembangnya waktu, distributor sejenis semakin banyak pada kota Batam yang membuat Perusahaan Alfa Multy Sukses sulit untuk meningkatkan jumlah penjualan bulanan. Teknik penawaran Perusahaan Alfa Multy Sukses tergolong tradisional dikarenakan hanya menawarkan secara langsung dengan berkunjung ke toko dan membagikan foto produk beserta harga kepada konsumen melalui media whatapps tanpa menggunakan brosur. Seiring berkembangnya waktu, teknik penawaran produk yang inovatif sangat diperlukan guna untuk bersaing dengan distributor yang lain, maka diperlukan pembangunan dan penerapan brand image perusahaan. Proyek pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan yaitu berupa perancangan brosur perusahaan dan brosur penawaran harga, yang diimplementasikan menggunakan media whatapps dan email. Hasil dari implementasi, Perusahaan Alfa Multy Sukses berhasil meningkatkan rata-rata penjualan bulanan sebanyak 57 produk setelah 1 bulan implementasi. </em></p>
2024-04-30T00:00:00+00:00
Copyright (c) 2024 Lian Andrianus, Wisnu Yuwono