Inovasi Minuman Kekinian Sebagai Bentuk Pemberdayaan Komoditi Lokal Di Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk

Authors

  • Nurbaiti Universitas Djuanda
  • R. Ali Pangestu Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.7578

Keywords:

Ekonomi Produktif, Inovasi, Minuman Kekinian, Pelatihan

Abstract

Minuman kekinian merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh kaum milenial saat ini karena sifatnya yang praktis, kreatif dan inovatif. Maka dari itu, minuman kekinian menjadi salah satu incaran dan daya tarik para pelaku UMKM untuk dijadikan sebagai usaha mereka dalam meningkatkan perekonomian. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat Desa Sukaharja dalam menginovasi sebuah produk, terutama produk dengan komoditi lokal. Program ini dilakukan dengan metode sosialisasi dan pelatihan produk, sosialisasi yang dilakukan yakni dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya inovasi untuk meningkatkan harga jual suatu produk, kemudian melakukan pelatihan pembuatan inovasi produk dan pengemasannya. Hasil dari program ini adalah terciptanya produk inovasi baru di Desa Sukaharja berupa minuman kekinian yang memanfaatkan komoditi lokal, yaitu ubi jalar yang dibuat menjadi boba ubi, agar-agar nanas dan bubur sagu mutiara dengan pewarna dari bunga telang sebagai toping minuman kekinian tersebut. Selain itu, terbentuknya kelompok usaha bersama di Desa Sukaharja sebanyak tiga kelompok dengan anggota 3-4 orang setiap kelompoknya. Adanya kelompok usaha bersama ini sebagai salah satu bentuk pemberdayaan potensi sumber daya manusia di Desa Sukaharja.

References

Ali Hasan, N. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. 10: 1.

Hidayat, R, Maf’ullah, E. N, Mardiyanti, D, & Susanti, A. (2021). Pemberdayaan Remaja Produktif melalui Pelatihan Pemanfaatan tanaman Lokal untuk Pembuatan Hand Sanitizer di Desa Banjarsari Jombang. Jurnal Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2: 1, 21-26.

Kusumawati, D.N., Kusumah, W.I., Wibisono, R.W. (2022). Analisis Desain Kemasan Produk Umkm Makanan Tradisional Lemper Berbahan Alami Memiliki Daya Tarik Dan Ketahanan Mutu Produk. Jurnal Nawala Visual. 4: 1.

Lubis, I. dkk. (2022). Pembuatan Desain Logo Dan Kemasan Susu Kedelai Serta Pemasaran Produk Berbasis Sosial Media . Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1.

Rohaenah, Siti Hajar. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Optimalisasi Pengembangan Dan Inovasi Bisnis Kopi Bumdes Jaya Laksana Di Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan. 3: 2.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Nurbaiti, & Pangestu, R. A. . (2024). Inovasi Minuman Kekinian Sebagai Bentuk Pemberdayaan Komoditi Lokal Di Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 83–91. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.7578

Issue

Section

Articles