Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Personal Branding UMKM di Desa Sumput
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.15197Keywords:
Digitalisasi, Personal Branding, Sosialisasi, UMKMAbstract
Dihimpun dari laman Sistem Informasi Desa, diketahui bahwa skor SDGs Desa Sumput poin pertumbuhan ekonomi desa merata berada pada persentase 33,74% yang mengindikasikan masih rendahnya aspek pertumbuhan ekonomi di Desa Sumput. Berdasarkan kondisi kondisi tersebut, mahasiswa berupaya membantu meningkatkan pembangunan desa pada aspek pertumbuhan ekonomi desa merata. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan personal branding UMKM di Desa Sumput. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan sosialisasi dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian antara lain terlaksananya sosialisasi, pembuatan banner, pembuatan logo, dan pembuatan konten untuk promosi. Dengan adanya platform e-commerce, digitalisasi dapat meningkatkan pendapatan UMKM melalui penjualan online dan akses ke berbagai opsi pendanaan, seperti crowdfunding dan microfinance marketplace.
References
Afdhal, M., Prawiro, R., & Fenia, S. Z. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kampung Akrilik Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 102–107. https://doi.org/10.47233/jpmda.v1i1.544
Fatman, Y., Irfan, A., Syifa, A. N., Fikri, I. M. Al, & Firdaus, J. R. (2024). Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 48–60. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1534
Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Putri, R. E., Wasito, M., & Lestari, A. N. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 667–675. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1550
Sistem Informasi Desa. (2024). Indeks skor SGDs Desa Sumput, Sidoarjo. diperoleh pada 23 Agustus 2024, dari https://sid.kemendesa.go.id/profile
Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budi Prabowo, Neli Afia Mareta, Dhinda Vesta Lasmarya Br. Capah, Syafiril Ajmal Yanotama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.