Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Personal Branding UMKM di Desa Sumput

Authors

  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Neli Afia Mareta Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Dhinda Vesta Lasmarya Br. Capah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Syafiril Ajmal Yanotama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.15197

Keywords:

Digitalisasi, Personal Branding, Sosialisasi, UMKM

Abstract

Dihimpun dari laman Sistem Informasi Desa, diketahui bahwa skor SDGs Desa Sumput poin pertumbuhan ekonomi desa merata berada pada persentase 33,74% yang mengindikasikan masih rendahnya aspek pertumbuhan ekonomi di Desa Sumput. Berdasarkan kondisi kondisi tersebut, mahasiswa berupaya membantu meningkatkan pembangunan desa pada aspek pertumbuhan ekonomi desa merata. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan personal branding UMKM di Desa Sumput. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan sosialisasi dan praktik. Hasil kegiatan pengabdian antara lain terlaksananya sosialisasi, pembuatan banner, pembuatan logo, dan pembuatan konten untuk promosi. Dengan adanya platform e-commerce, digitalisasi dapat meningkatkan pendapatan UMKM melalui penjualan online dan akses ke berbagai opsi pendanaan, seperti crowdfunding dan microfinance marketplace.

References

Afdhal, M., Prawiro, R., & Fenia, S. Z. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kampung Akrilik Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 1(1), 102–107. https://doi.org/10.47233/jpmda.v1i1.544

Fatman, Y., Irfan, A., Syifa, A. N., Fikri, I. M. Al, & Firdaus, J. R. (2024). Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 48–60. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1534

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Putri, R. E., Wasito, M., & Lestari, A. N. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM Desa Suka Damai. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 667–675. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v4i3.1550

Sistem Informasi Desa. (2024). Indeks skor SGDs Desa Sumput, Sidoarjo. diperoleh pada 23 Agustus 2024, dari https://sid.kemendesa.go.id/profile

Yusanda, A., Darmastuti, R., & Huwae, G. N. (2021). Strategi Personal Branding Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Isi pada Media Sosial MahasiswaUniversitas Kristen Satya Wacana). Scriptura, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.1.41-52

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Prabowo, B., Mareta, N. A., Capah, D. V. L. B., & Yanotama, S. A. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Personal Branding UMKM di Desa Sumput. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.15197

Issue

Section

Articles