Literasi Keuangan Syariah Bagi Siswa SMP 5 Muhammadiyah Pagak Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.14359Keywords:
Generasi Z, Literasi Keuangan Syariah, Perencanaan Keuangan SyariahAbstract
Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi generasi muda yang ada di lingkungan SMP 05 Muhammadiyah Pagak, Kabupaten Malang. Program ini berhasil dilaksanakan dengan sukses, melibatkan kegiatan literasi keuangan syariah, perencanaan keuangan syariah dan pelatihan transaksi menggunakan Qris. Keberagaman geografis, demografis, sosial, budaya, dan keagamaan di SMP 5 Muhammadiyah Pagak menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan program. Namun, metode pelaksanaan yang terencana dan responsif terhadap kendala, serta dukungan dari guru dan staf sekolah, berhasil membantu program mencapai tujuannya. Hasil program menunjukkan bahwa kesadaran siswa terhadap kegiatan keagamaan di sekolah meningkat. Program literasi keuangan juga memberikan manfaat signifikan dengan siswa-siswi terlibat aktif dalam kegiatan tersebut. Koordinasi dengan pihak sekolah serta dukungan internal dan eksternal menjadi bagian penting dalam kesuksesan pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat.
References
Dahlia, J. (2022). Penerapan Budaya Toleransi dalam Kegiatan- Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1065–1074. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2096
Pradana, Y. (2016). PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1330
Saraswati, A. M., & Zidnia, R. (2022). Pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Syariah untuk Generasi Z dalam Mewujudkan Kebebasan Keuangan. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 10–17. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.10-17
Triani, A., & Mulyadi, H. (2019). PENINGKATAN PENGALAMAN KEUANGAN REMAJA UNTUK LITERASI KEUANGAN SYARIAH YANG LEBIH BAIK. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 5(1), 9–22. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/I-Finance/article/view/3714
Widoyoko, E. P. (n.d.). EVALUASI PROGRAM PELATIHAN. http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/197102041997021-NAHADI/Evaluasi%2520Program%2520Pelatihan.pdf
Muttaqien, M. K., Insani, B., Mayla, Z., & Setiawan, R. (2023, November). Penguatan Literasi Keuangan Syariah Dan Perencanaan Keuangan Biaya Haji Bagi Masyarakat. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Qothrunnada, N. A., Iswanto, J., Hendratri, B. G., & Subekan, S. (2023). Transformasi Digital Lembaga Keuangan Syariah: Peluang dan Implementasinya di Era Industri 4.0. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 741-756.
Huda, I. M., & Nurhafili, M. S. (2023). MANAJEMEN KEUANGAN SYARI’AH: PEMAHAMAN MENDALAM TENTANG PRINSIP-PRINSIP KEUANGAN BERDASARKAN SYARI’AH ISLAM. Islamic Education, 1(3), 209-220.
Amriani, A., Mas’ud, M., & Amang, B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Inklusi Keuangan Digital Pada Generasi Millenial di Kota Makassar. Journal on Education, 5(4), 15637-15651.
Nasution, S. (2024). Pembiayaan Syariah dalam Peningkatan Ekonomi Umat. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 295-302.
Arafah, M. (2019). Sistem keuangan Islam: Sebuah telaah teoritis. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 1(1).
Yarmunida, M. (2018). Dimensi Syariah Compliance Pada Operasional Bank Syariah. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(1).
Triani, A., & Mulyadi, H. (2019). Peningkatan pengalaman keuangan remaja untuk literasi keuangan syariah yang lebih baik. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 5(1), 9-22.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Keuangan Inklusi Keuangan. Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/POJK.07/2016 Tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Senjiati, I. H., Anshori, A. R., & Maulida, I. S. R. (2018). Literasi Keuangan Syariah Bagi Anak School Age (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 SD Darul Hikam Bandung). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2), 181-204.
Syathiri, A., Asngari, I., Putri, Y. H., Widyanata, F., & Wahyudi, H. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Digital Syariah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Raudhatul Ulum Desa Sakatiga Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. BEGAWI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-20.
Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. The Community Enggagement Journal, 2(1), 1-8.
Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di TK Anak Ceria (Parental Involement In Education At TK Anak Ceria). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4(1), 9-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Happy Febrina Hariyani, Arfida Boedirochminarni, Ratih Juliati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.