Pemberdayaan UMKM Pemerahan Susu Sapi Melalui Aspek Keuangan dan Pemasaran Digital

Authors

  • Faridhatun Faidah Universitas Muria Kudus
  • Linda Putri Nadia Universitas Muria Kudus
  • Hutomo Rusdianto Universitas Muria Kudus
  • Joko Utomo Universitas Muria Kudus
  • Aprilia Whetyningtyas Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.14106

Keywords:

E-Marketplace, Laporan Keuangan, Pemasaran

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memainkan peranan penting dalam menghasilkan pendapatan. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain kesulitan dalam menyusun laporan keuangan usaha, penjualan susu dilakukan secara hanya offline dan belum memanfaatkan penjualan e-marketplace sehingga jangkauan pasar masih terbatas, serta desain kemasan susu masih sederhana belum menggambarkan nilai produk. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha pemerahan susu sapi tentang penyusunan laporan keuangan UMKM berbasis SAK-EMKM, mengenalkan pentingnya melakukan pemasaran produk secara daring melalui aplikasi e-marketplace dan media social, meningkatkan keterampilan dalam membuat desain/konten iklan pemasaran melalui aplikasi canva. Metode yang digunakan yaitu dengan metode ceramah, simulasi dan diskusi. Target luaran yang dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan mitra dalam menyusun laporan keuangan dan menggunakan aplikasi e-marketplace, serta terampil membuat konten iklan pemasaran.

References

Badan Pusat Statistik. 2022. Jumlah Populasi Sapi Perah 2021. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik.

Hanafi, Mamduh M., 2004. Manajemen Keuangan, BPFE, Yogyakarta

https://web.iaiglobal.or.id/SAKIAI/Tentang%20SAK%20EM KM#gsc.tab=0

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kennedy, P., & Emmanuel, E. (2013). Implications of IFRS adoption for SMEs in Nigeria. Fountain Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 36-46.

Nur, R., Muh. Amir. S., dan Kartika. E. 2007. Analisis Margin Pemasaran Telur Itik di Kelurahan Borongloe Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Agrisistem. Vol. 3. No 1. Juni 2007.

Riyanto, Bambang, 2008. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi 4 Yogyakarta; BPFE – Yogyakarta

Rosita Dan Pratama, T.H. 2015. Pengembangan Potensi Agrowisata. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Vol. 12, No. 2, Oktober 2015

Rosyidah, K. L., & Achyani, F. (2022, July). Analisis Persepsi Serta Pengetahuan Akuntansi Pemilik UMKM Mengenai Penyusunan Laporan Keuangan. In Proceeding of International Students Conference on Accounting and Business (Vol. 1, No. 1).

Rosyidah, Kuntum Lathifatur, Ariningsih, S., & Wijayanti, R. 2022. Analisis Penerapan Sak-Emkm Pada Pelaku Usaha Kecil, dan Pelaku Usaha Menengah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) Volume 27, Nomor 1, Tahun 2022

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing Komunikasi Menjadi Lebih Mudah (A. Rikki (ed.); I). Yayasan Kita Menulis.

Shonhadji, N., & Djuwito, D. (2017, October). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berdasarkan Sak EMKM Di Surabaya. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 130-136).

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value From The Use Of Social Media: An Sme Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems, 15. https://aisel.aisnet.org/pacis2012/169/

Surat Edaran (SE) Menteri Sosial Juliari P Batubara Nomor 2 Tahun 2020.

tentang Panduan Pelaksanaan Bekerja di Kantor dan Bekerja dari Rumah (Work From Home) bagi ASN Kementerian Sosial.

Surat Edaran Menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Anwar Makarim Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Vorona Virus Disease (COVID-19)

Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative digital marketing. Elex Media Komputindo.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Yoeti, O. A. 2009. Ekowisata, Pariwisata, Berwawasan Lingkungan Hidup. Jakarta : Perca

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Faidah, F., Nadia, L. P., Rusdianto, H., Utomo, J., & Whetyningtyas, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Pemerahan Susu Sapi Melalui Aspek Keuangan dan Pemasaran Digital . ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109–116. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.14106

Issue

Section

Articles