Tangkal Korupsi: Membangun Budaya Integritas Untuk Masa Depan yang Bersih

Authors

  • Santi Rimadias STIE Indonesia Banking School
  • Vidiyanna Rizal Putri STIE Indonesia Banking School
  • Nadya Kamila STIE Indonesia Banking School
  • Karina Putri Destania a:1:{s:5:"en_US";s:29:"STIE Indonesia Banking School";}
  • Ferenisyah Ardianto STIE Indonesia Banking School
  • Lavenia Permata Sari STIE Indonesia Banking School
  • Rudi Samuel Parlindungan STIE Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.13790

Keywords:

Korupsi, Pendidikan Anti KKorupsi, Budaya integritas.

Abstract

Korupsi di Indonesia merugikan negara dan masyarakat. Indeks Persepsi Korupsi (IPK) stagnan, menunjukkan perlunya pendidikan antikorupsi dan budaya integritas. Edukasi antikorupsi di SMAN 60 Jakarta bertujuan menanamkan nilai kejujuran dan akuntabilitas pada siswa untuk masa depan Indonesia yang lebih bersih. Melalui berbagai kegiatan edukasi, diskusi dan kampanye, diharapkan dapat memahami dan memperdalam nilai-nilai anti korupsi serta berhasil membangun Indonesia yang lebih bersih dan bebas korupsi di masa depan. Metode ceramah dan diskusi  digunakan untuk menyampaikan materi anti korupsi. Hasil edukasi pada siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya memerangi korupsi dari level individu hingga masyarakat luas. Keberhasilan ini terlihat dari tingginya tingkat partisipasi dan hasil post-test yang menunjukkan pemahaman yang hampir sempurna dari siswa/i. Program sosialisasi anti korupsi yang dilakukan oleh Tim STIE Indonesia Banking School di SMAN 60 Jakarta berhasil mencapai tujuannya.

References

Harahap, L., & Isgiyarta, J. (2023). Corruption and Fraudulent Activities in Higher Education: A Study of Literature. Jurnal Manajemen, 14(1), 217. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v14i1.11239

Isroani, F., & Zaenullah, Z. (2023). Pendidikan Antikorupsi Sebagai Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 470–474. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4135

Kemendikbud. (2018). Pendidikan Antikorupsi Penting Sejak Anak Usia Dini. Kemendikbud, 5351.

Kemitraan Patnership. (2024). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tahun 2023 Stagnan, Peringkat Turun Jadi 115. 4–7. https://kemitraan.or.id/press-release/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-tahun-2023-stagnan-peringkat-turun-jadi-115/

Nugroho, S. D., & Fahmi, I. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Pencegahan Tindak Korupsi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 530–538.

Riko Yohansyah Zulfahmi, M. (2023). Anti Korupsi Dalam Pendidikan Nasional. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 378–382. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i2.1218

Wahab, M., & Ramadani, R. (2021). Environmental Corruption Prevention Policies Through Independent Agencies. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 15(4), 327–346. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v15no4.2245

Wahyu Tri Buana Pustha, F., & Fauzan, A. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pencegahan Dan Upaya Pemberantasan Korupsi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 580–585. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.599

Downloads

Published

2024-08-31

How to Cite

Rimadias, S., Putri, V. R., Kamila, N., Putri Destania, K., Ardianto, F., Sari, L. P., & Parlindungan, R. S. (2024). Tangkal Korupsi: Membangun Budaya Integritas Untuk Masa Depan yang Bersih. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i2.13790

Issue

Section

Articles