Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30997/almujtamae.v4i1.11585Keywords:
Pengabdian kepada masyarakat, Bimbingan belajar, Desa CiadegAbstract
Bimbingan belajar memegang peranan penting dalam meningkatkan pembelajaran anak, karena tidak hanya diperoleh di sekolah, pembelajaran di luar sekolah mempunyai dampak yang sangat besar dan mempengaruhi minat dan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari kegiatan bimbingan belajar ini adalah untuk membantu mengoptimalkan kemampuan siswa dan memecahkan kesulitan yang dihadapi siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu pelaksanaan bimbingan belajar. Bimbingan belajar yang dilaksanakan diikuti oleh 20 anak yang terdiri dari berbagai jenjang pendidikan mulai TK, SD/MI dan SMP/MTS. Hasil dari kegiatan bimbingan belajar ini dapat membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Penyelenggaraan bimbingan belajar memberikan manfaat yang cukup positif bagi siswa di Desa Ciadeg. Dengan adanya bimbingan belajar ini mereka dapat memperluas pemahaman dan informasi yang belum atau baru mereka peroleh serta menambah waktu belajar anak selain di sekolah.
References
Aliyyah, R. R., Prasetyo, T., Brawijaya, A., Firdaus, S., & Futri, A. (2023). Pendampingan Bimbingan Belajar bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibogo Rusi. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1544
Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564
K, N., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak-Anak Di Desa Sukosari. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6723
Prabowo, S. A., Ardhi, M. W., & Widiyanto, J. (2015). Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal Di Kota Madiun. Jurnal Lppm, 1–5.
Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286
Putu, N., Nonik, S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 2014. file:///C:/Users/hp/Documents/New folder (2)/246686-penerapan-layanan-bimbingan-belajar-untu-5d08d46e.pdf
Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rusi Rusmiati Aliyyah, Parda Silvia Pratama, Rahma Kartika, Ujang Ahmad Fahrudin, Shidqie Kurnia Syandi, Adinda Salma Aqilah, Siti Jenab, Torusma Sihombing, Siti Mulyanah, Tsania Mahmudah Millenia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.