PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH: STUDI LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14798Keywords:
Permainan Tradisional, Sondah, Karakter, Pembentukan KarakterAbstract
Riset ini bertujuan guna mendeskripsikan mengenai permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak usia sekolah dasar. Fokus penelitian ini mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional sondah dapat membentuk karakter anak. Riset ini memakai jenis riset kualitatif dengan metode studi kepustakaan atau dikenal sebagai literature review. Analisis data memakai metode analisis deskriptif dengan memaparkan fakta-fakta, kemudian dianalisis serta dideskripsikan serta memberikan penjelasan yang cukup. Teknik pengumpulan data menggunakan Google Scholar sebagai sumber informasi utama karena terdapat banyak informasi berupa jurnal atau artikel yang terkait penelitian ini. Hasil riset membuktikan jika permainan tradisional sondah mengandung nilai-nilai karakter sesuai dengan norma yang ada di masyarakat seperti nilai kejujuran, kegigihan, tanggung jawab, kegigihan, komitmen dan sportivitas.
References
Adi, B. S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33-39.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital.
Amirudin, A., & Mukarom, Z. (2018). Pendidikan karakter dalam kaulinan budak baheula: Studi nilai pendidikan karakter melalui permainan anak tradisional sorodot gaplok dari Jawa Barat. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(1), 73-88.
Aypay, A. (2016). Investigating The Role of Traditional Children’s Games in Teaching Ten Universal Values in Turkey. Eurasian Journal of Educational Research, 16(62), 283–300.
Cahyani, A. D., Lestari, P., & Martiana, A. (2019). Penguatan pendidikan karakter kerja keras pada anak melalui permainan tradisional engklek di dusun pule, tegalrandu, srumbung, magelang. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 3(1), 47-60.
Creswell, J. W. (2014). A concise introduction to literatire review method. SAGE publications.
Fauziah, R., Khalsum, U., & Pratiwi, V. A. (2022, November). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 871-879).
Familia, D. P. (2021). Upaya Pimpinan FAI Dalam Pembentukan Karakter Religius dan Toleransi Pada Mahasiswa FAI UMJ (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).
Fitri, R. (2022). Membangun pemahaman karakter kejujuran melalui permainan tradisional anak usia dini kelompok B di Taman Kanak-Kanak Sawitto Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1255-1264.
Hidayat, R., & Rudiansyah, E. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAK LOMPAT JANGKIT. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 6(2), 21-26.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berdasarkan persepsi dosen dan mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738-748.
Nadjamuddin, A. (2016). Membangun Karakter Anak Lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 74-79.
Naafi’, M., & Irawan, R. J. (2022). Studi literatur: Efektivitas modifikasi dalam permainan tradisional pada eksistensi permainan anak era generasi z. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 129–136.
Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-9.
Prasetya, Y., & SARMINI, S. (2023). Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 272-288.
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan model bermain konstruktif dengan media balok untuk meningkatkan visual-spasial anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45-55.
Saputra, S. Y. (2017). Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sesrita, A., Maksum, A., & Marini, A. Persepsi Siswa terhadap Literasi Budaya melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Flashcard. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).
Sesrita, A., & Yarmi, G. (2023). Dampak Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1502-1512.
Sulasih, D. (2023). Strategi Sekolah Meningkatkan Kesadaran Beragama Siswa SD Melalui Program Unggulan di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Kelas 2 SD Islam Hasanudin 04 Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Syamsurrijal, A. (2020). Bermain sambil belajar: permainan tradisional sebagai media penanaman nilai pendidikan karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1-14.
Triansyah, A. (2023). Pengetahuan Peserta Didik Di Kota Pontianak Terhadap Permainan Rakyat Dan Olahraga Tradisional. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 43-50.
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158-179.
Vardani, E. N. A., & Astutik, I. (2020). Pemanfaatan Permainan Tradisional Sebagai Media Edukatif Di Sdn Karangrejo 02 Jember. Empowering: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 1-16.
Verawati, L., Formen, A., & Utanto, Y. (2020). Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 180-185).
Wahyu, A., & Rukiyati, R. (2022). Studi literatur: Permainan tradisional sebagai media alternatif stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> https://journal. uny. ac. id/v3/jpa/home), 11(2), 109-120.
Yusup, R., Agustini, U., & Abidin, Z. (2023). Analisis Beberapa Permainan Tradisional Sunda dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 67-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).