PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI PARA GURU MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Subaidi Mashud Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Nasuka

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v4i2.1262

Keywords:

writing, scientific papers

Abstract

Menulis bisa dikembangan melalui berbagai latihan dan workshop. Melalui berlatih seseorang akan memiliki profesionalitas dalam dunia tulis menulis. Menulis merupakan kegiatan mengekspresikan ide dan atau pemikiran seseorang secara tertulis. Kegiatan menulis tidak bisa terlepas dengan kegiatan dari profesi guru. Guru sebagai pendidik di Madrasah tentu memiliki data dan permasalahan yang bisa digunakan sebagai sumber dan bahan tulisan. Lewat berbagai tulisan itulah, guru mampu menganalisis akar masalah dan gagasan untuk menyelesaikan masalah yang ada tersebut. Hasil karya tulis guru merupakan upaya mengembangkan profesi guru dalam memahami kegiatan pembelajaran di madrasah. Akan lebih lengkap, jika seorang guru menulis ide-ide, gagasan dan pemikirannya secara baik. Kegiatan pengabdian dengan tema teknik penulisan penulisan karya tulis ilmiah ini diikuti oleh guru-guru MTs diwilayah Kecamatan Kedung, khususnya guru MTs. Miftahul Huda Dongos Kedung Jepara.

References

Writing a Scientific Article: A Step-by-Step Guide for Beginners. European Geriatric Medicine, 27: 1-8. http://dx.doi.org/10.1016/j.eurger.2015.08.005.
Djariyo, Sulianto, J., Mudzanatun, Reffiane, F., dan Purnamasari, I. 2016.
Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Semarang, (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6992&val=531), diakses 2 Desember 2016.
Fannies, S. A. 2016. Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX SMPN 3 Singosari. Cendekia, 10(1): 19-28.
Fatah, A., Wakid, M., dan Yoga, N. A. 2015. Pelatihan Penulisan Makalah Pendamping/Prosiding dalam Rangka Menghadapi Pelaksanaan Permenpan Nomor 16 Tahun 2009. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/nirmala-adhi- yoga-pambayun-mpd/pelatihan-penulisan-makalah-pendampingprosiding- dalam-rangka-menghadapi-pelaksanaan-permenpan-nomor-.pdf), diakses
12 Januari 2017.
Gilinsky, A., Forbes, S. L., dan Reed, M. M. 2016. Writing Cases to Advance
Wine Business Research and Pedagogy. Wine Economics and Policy, 5:
60-67. http://dx.doi.org/10.1016/j.wep.2016.04.001.
Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gunawan, I. 2015. Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program yang Ditawarkan oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 23 Agustus, hlm. 305-312.
Isa, S. M., Soewito, B., dan Gunawan, F. E. 2016. Pengaruh Perangkat Lunak
Managemen Referensi pada Peningkatkan Motivasi Publikasi para Pendidik. Ethos Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 243- 248.
Karimnia, A. 2013. Writing Research Articles in ENGLISH: Insights from Iranian University Teachers’ of TEFL. Akdeniz Language Studies Conference 2012, (Online), Procedia - Social and Behavioral Sciences, hlm. 901-914, (http://www.sciencedirect.com), diakses 13 Januari 2017.
Kemdikbud. 2017. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Lowokwaru, (Online), (http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=0561
05&level=3), diakses 11 Januari 2017.
Komara, A. 2017. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php/arsip/artikel/174-menulis- artikel-dan-karya-ilmiah), diakses 12 Januari 2017.
Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional.kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah.Kemampu an.Guru.Menulis.Karya.Ilmiah.), diakses 21 Juni 2017.
Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ortinau, D. J. 2011. Writing and Publishing Important Scientific Articles: A Reviewer’s Perspective. Journal of Business Research, 64: 150-156. doi:10.1016/j.jbusres.2010.02.002.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2010. Jakarta: Fokus Media.
Sampurno, Y. G., dan Siswanto, I. S. 2010. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Moyudan Sleman. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/ibnu-siswanto- mpd/pelatihan-penulisan-karya-tulis-ilmiah-bagi-guru-guru-sekolah-dasar- di-kecamatan-moyudan-sleman.pdf), diakses 12 Januari 2017.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1), 510-531.

Downloads

Published

2019-01-30

How to Cite

Mashud, S., & Nasuka, M. (2019). PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI PARA GURU MADRASAH TSANAWIYAH KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 112–118. https://doi.org/10.30997/qh.v4i2.1262

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 324 times