PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN PAKET PADA PT JNE AGEN 012 CITEUREUP KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v5i1.1807Keywords:
bauran pemasaran, keputusan konsumen, tanggapan konsumenAbstract
Penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh mengenai bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor baik secara simultan maupun parsial. Kuesioner didistribusikan kepada 100 konsumen yang dijadikan sampel. Hasil uji pada validitas serta reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan konsumen terhadap bauran pemasaran yaitu produk (X1) sangat baik, harga (X2) sangat baik, lokasi (X3) sangat baik, promosi (X4) sangat baik, orang (X5) sangat baik, proses (X6) baik, layanan pelanggan (X7) sangat baik. Hasil analisis koefisian korelasi memberikan pengaruh yang sangat kuat antara bauran pemasaran dan keputusan konsumen, dari hasil koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 86,2% oleh bauran pemasaran dan 13,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti physical evidence. Adapun analisis regresi berganda dari uji F (simultan) dan uji t (parsial) menyatakan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan konsumen perusahaan jasa pengiriman paket pada PT JNE Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor.
Kata kunci : bauran pemasaran, keputusan konsumen, tanggapan konsumen
References
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta. Salemba Empat.
Mc Daniel, Carl dan Rogers Gates, Riset Pemasaran Kontemporer. Salemba empat. Jakarta.
Sara, Muhamad Taufiq. 2013. Pengaruh Baurann Pemasarann Jasa Terhadapp Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Pada PT JNE Di Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan 23. Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, Wiratno. 2015. Metodologi Penelitian “Bisnis dan Ekonomi”, Cetakan 1. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.
Sumarwan, Ujang dkk. 2012. Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 2. Cetakan 1. IPB Press. Bogor.
Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 1 Cetakan 5. Rajawali Pers. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa “Prinsip, Penerapan, dan Penelitian”, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran “Esensi dan Aplikasi”, Edisi 1. CV Andi Offset. Yogyakarta.
http://www.jne.co.id diakses pada 26 November 2017 pukul 13:00
Republik Indonesia. 2009. Undang-undang No. 38 Tahun 2009 tentang Pos.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work