PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERCETAKAN PADA PT. BALEBAT DEDIKASI PRIMA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v4i2.1575Keywords:
Produk, Promosi, Harga, Distribusi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui tanggapan konsumen dan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk percetakan pada PT. Balebat Bogor, baik simultan ataupun parsial. Objek penelitian melibatkan masyarakat yang pernah melakukan pembelian sejumlah 100 responden untuk dijadikan sampel. Jenis penelitian menggunakan bentuk veritifikatif. Analisis data mencakup regresi berganda, uji determinasi dan uji signifikan secara simultan dan parsial.Hasil penelitian ini adalah : 1) tanggapan konsumen pada keputusan pembelian tertinggi adalah kualitas produk; 2) nilai korelasi ganda R sebesar 0,844 artinya hubungan bauran pemasaran memberi pengaruh yang sangat kuat; 3) besarnya koefisien determinasi nilai R Square didapatkan 0,712 yang artinya keputusan pembelian masyarakat 71,2% dijelaskan oleh kualitas produk, penetapan harga ,strategi promosi, saluran distribusi dan 28,8% dipengaruhi oleh unsur-unsur lain yang tidak diteliti penulis ;4) hasil penelitian secara parsial maupun simultan diketahui bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif juga signifikan pada keputusan pembelian.
Kata kunci : Produk, Promosi, Harga, Distribusi, Keputusan Pembelian
References
Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali, Gramedia Pustaka Utama.
Basu Swastha dan Irawan, 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta., Liberty :
Damodar N., Gujarati dan Dawn C. Porter. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta. Buku 2. Edisi 5. Raden Carlos Mangunsong, Salemba Empat.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta. Edisi 12. Jilid 1. Erlangga.
_______Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Jilid I. Edisi 13 Erlangga harmmesta.
_______2012, Manajemen Pemasaran. Jakarta. Jilid I. Edisi 12. Erlangga.
Swastha,Basu. 2010. Manajemen Penjualan Pelaksanaan Penjualan. Yogyakarta. BPFE.
Sugiono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta Suparyanto & Rosad. Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA
Sugiono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiono,,2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Yogyakarta. Edisi 3, ANDI.
Sumber Lain
PT Balebat Dedikasi Prima
www.Blog.Wtakins.comwww.Alprin.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work