HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. HYUNDAI MOBIL INDONESIA CABANG SERPONG-TANGERANG

Authors

  • Yulianingsih . Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v4i2.1570

Keywords:

kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas produk dan citra merek dengan keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan di PT. Hyundai Mobil Indonesia cabang Serpong–Tangerang pada tahun 2017. Populasi penelitian berjumlah 110 pelanggan dengan jumlah sampel sebanyak 87 pelanggan yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data untuk  setiap variabel yang dianalisis menggunakan angket dengan skala (rating scale). Teknik analisis menggunakan korelasi regresi parsial dan korelasi berganda. Hasil riset menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian (ry1 = 0,649),  terdapat hubungan antara citra merek dengan keputusan pembelian ( ry2 = 0,555) dan terdapat hubungan antara kualitas produk, citra merek dengan keputusan pembelian (ry12 = 0.649). Sehingga dapat disimpulkan keputusan pembelian dapat ditingkatkan melalui kualitas` produk dan citra merek baik secara parsial maupun bersama-sama.

 

Kata Kunci : kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian.

References

Aaker, David A. 2010. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta. Mitra Utama
_______,Biel, L. 2009. Loyalitas Merek dan Periklanan, Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta. Mitra Utama.
Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Cannon, Joseph P.,William D.Perreault Jr , Jerome Mc.Carthy. 2008. Pemasaran Dasar-Dasar. Pendekatan Managerial Global. Edisi 16. Jilid 2. Alih bahasa Diana Angelica dan Ria Cahyani. Jakarta. Salemba Empat.
Danang Sunyoto. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Jakarta. Center For Academic Publishing Service (CAPS).
Etta Mamang Sangadji & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. CV. Andi Offset.
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta. Penerbit Andi .
___________.2007. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Banyumedia Publishing.
Farida Jasfar. 2009. Manajemen Jasa. Bogor. Ghalia Indonesia
Hamel, Gary & CK Prahalad. 2000. Competing of The Future Cambridge American National Standar
Harman, Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung. Alfabeta.
Hoeffer, Steve,Keller,Kevin Lane. 2003. The Marketing Advantage Of Strong Brands. Brand Management, Vol. 10, No.6.
Husaini Usman, & Purnomo Setiady Akbar. 2011. Pengantar Statistik. Edisi Kedua. Jakarta. PT.Bumi Aksara
Hermawan Kertajaya. 2004. Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler,P.1995. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
______2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Phillip & Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Alih bahasa Bon Sabran. Jakarta. Erlangga .
_________. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1, Alih bahasa Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
_________. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 1. Jakarta. Prenhallindo.
_________. 2001. Manajemen Pemasaran. Edisi 7. Jilid 1. Alih bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Erlangga.
_________& Armstrong, Garry. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12 . Jakarta. Erlangga.
________.2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa. Edisi 9. Jakarta. PT. Indeks.
Low, George S, Lamb Jr, Charles W. 2000. The Measurement and Dimensionality of Brand Assosiations, Journal Of Product and Brand Management. Vol. 9 No.6.
Mohamad Syamsul, & Ma’arif Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Operasi. Jakarta. PT. Grasindo.
Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor. Ghalia Indonesia.
Nugroho J. Setiadi.2013. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Rambat Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.
Riduwan & Sunarto. 2011. Pengantar Statistik. Alfabeta. Bandung.
Schiffman, Kanuk. 2002. Perilaku Konsumen, Edisi 3. Jakarta. Macaman Jaya Cemerlang.
______.2007. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Jakarta. Macaman Jaya Cemerlang
Sunarto. 2004. Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. UST Press
Sugiono.2010. Metode Penelitian Bisnis . Bandung. Alfabeta.
Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta. Change Publication.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Tatik Suryani. 2008. Perilaku Konsumen:Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Thamrin Abdullah & Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Tony Wijaya. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. PT. INDEKS.
Zulian Yamit. 2013. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa, Cetakan ke-enam.Yogyakarta : Ekonosia.
GAIKINDO]. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. 2016. Tingkat Penjualan Mobil Nasional [Internet]. Diakses pada 18 April 2017 Tersedia pada:http://www.gaikindo.com.
Akbar, A. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma, Jakarta. Diakses pada tanggal 20 April 2017.
Bagaskara, AM (2014). Pengaruh Kualitas produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Semarang. Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang.
http://eprint.undip.ac.id/42886/1/BAGASKARA.pdf. Diakses pada tanggal 20 April 2017
Fauziah Ramadhani (2015). Pengaruh Kualitas, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil LCGC Toyota Agya di Wilayah Jabodetabek.http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/76788/H15fra.pdf?sequence=1. Diakses tanggal 20 April 2017.
Mohammad Tambrin (2010). Pengaruh Brand Image terhadap Pelanggan Kartu Simpati Terhadap kepuasan Mahasiswa Univesitas Trunijoyo, Jurnal Studi Manajemen. Vol 4 No.1. Diakses pada tanggal 20 April 2017.
Ria Maharani Ridhwan ,2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda All New Jazz di Kota Malang. Jurnal, Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/1051/965 Diakses tanggal 20 April 2017.

Downloads

Published

2019-01-11

How to Cite

., Y. (2019). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. HYUNDAI MOBIL INDONESIA CABANG SERPONG-TANGERANG. Jurnal Visionida, 4(2), 23–37. https://doi.org/10.30997/jvs.v4i2.1570

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1181 times