PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP STRATEGI KEPUASAN PELANGGAN PADA NIKI SAE BUILDING BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1307Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui tanggapan pelanggan dan pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan serta faktor pendukung dan penghambat pada Niki Sae Building Bogor, dan objek pada penelitian ini adalah pelanggan sebanyak 100 sampel. Bentuk penelitian verifikatif, dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan asumsi klasik. Analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian rata-rata tanggapan pelanggan terhadap bauran pemasaran jasa: produk (baik); harga (terjangkau); lokasi (nyaman); promosi (menarik); orang (baik); proses (mudah); bukti fisik (nyaman). Tanggapan rata-rata pelanggan terhadap kepuasan pelanggan (memuaskan). Secara simultan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial menunjukkan bahwa produk, harga, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sekaligus yang menjadi faktor pendukung, sedangkan lokasi, promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebagai faktor penghambat.
Kata kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Pelanggan, Niki Sae Building dan Bogor
References
Buchari, Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Citrta, Suci, Mantauv. 2014. Pengaruh Harga Dan Keberagaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol. 3, No. 1, hal. 7.
Dedek, Kurniawan, Gultom. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Citra Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Riset Sains Manajemen Vol. 1, No. 2, hal 147.
Deden, Edwar, Yokeu, Bernardin. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Siswa Pada SMA PGRI Kurnia Garut. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol. 1, No. 2, hal. 10.
Devi, Anita, Subagyo. 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran dalam Restoran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Rumah Makan Lestari. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Diajeng, Variant. 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuassan Pengguna Universitas Ciputra Library Surabaya. Jurnal Manajemen Airlangga Vol. 4, No. 2, hal. 8.
Effendi, Ridwan. 2010. Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi. Bandung.CV. Maulana Media Grafik.
Elisabeth Koes Soedijati. 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Pada Tiga PTS. Jurnal Bina Ekonomi Vol. 15, No. 2, hal. 101.
Faizan, Mohsan. 2011. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty and Intentions to Switch: Evidence from Banking Sector of Pakistan.
Farida, dkk, 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 1, No. 1, hal. 38.
Fitriyani Dayasti Hasan. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Skripsi Sarjana. Jurusan Manajemen Universitas Hasanuddin. Makasar.
Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta. Erlangga.
Hasibuan, Melayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. ALFABETHA.
Hutasoit. 2011. Pelayanan Public Teori Dan Aplikasi. Jakarta. MAGNA Script.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke Dua Belas. Jakarta. Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta. Salemba Empat.
Mevita dan Suprihhadi. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Produk PT. Preshion Engineering Plastec. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 2, No. 9, hal. 16.
Muhamad, Mufti, Aziz. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Pondok Bangladesh Rajanya Mie Aceh. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi Institut Pertanian Bogor.
Putra dan Yuniati. 2016, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Telekomunikasi Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5, No. 2, hal. 12..
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Rao, Purba. 2006. Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March).
Riduan dan Sunarto. 2007. Pengantar Statistik. Bandung. CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sudjinah, dkk. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada KUR BRI Cabang Balikpapan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang. SNEMA-2015. ISBN: 978-602-17129-5-5.
Supandi. 2010. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Nusa Tongkainan Wisata Tirta Manado. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol. 9, No. 17, hal. 23.
Suri, Amila, dan Ayu, Novianti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kanasha. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 5, No. 1, hal. 467.
Suriyani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan 4G Telkomsel, e-Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 5, No. 2, hal. 507-508.
Tasman H, Taher. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Layanan Jasa Pendidikan. Jurnal Sains Manajemen Vol. 11, No. 2, hal. 8.
Tisye, dkk. 2014. Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel, Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 3, hal. 408.
Wicaksono, Teguh. 2017. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Upik Futsal Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. 1, No. 2, hal. 50-51.
Wulan, dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampak Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 38, No. 2, hal. 177-178.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work