Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Wilayah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30997/jvs.v10i1.12172Keywords:
Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, PromosiAbstract
This research seeks to evaluate "The Influence of Promotion and Service Quality on Purchase Decisions
of Shopee Consumers in the Surabaya Region" . Prior research has also looked at how promotions and
service standards affect shoppee customers' decisions to buy. Consumer decisions are influenced by a
variety of factors, some of which include service quality and promotional efforts. This is a difficulty for
businesses, as they need to effectively sell their goods and services to customers in order to thrive and
remain competitive. The aim of this research was to ascertain the impact of promotions and service
quality on Shopee customers' buying decisions. The methodology for the research that the researcher
used was quantitative by taking a sample of 100 respondents using a purposive sampling technique
which was given a questionnaire containing statements according to the variable indicators of
promotion factors, service quality and purchasing decisions. The conclusions in this study indicate that
the promotion and service quality variables have a positive and significant effect on the purchasing
decisions of shopee consumers in the Surabaya area.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Wilayah Surabaya”. Penelitian sebelumnya juga telah melihat bagaimana promosi dan standar layanan mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan shoppee. Keputusan konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya meliputi kualitas layanan dan upaya promosi. Hal ini merupakan kesulitan bagi dunia usaha, karena mereka harus menjual barang dan jasa mereka secara efektif kepada pelanggan agar dapat berkembang dan tetap kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pelanggan Shopee. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang diberikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan sesuai dengan indikator variabel faktor promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian konsumen shopee di wilayah Surabaya.
References
Alawiyah, Titieln. (2018). Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Yang Melnginap Pada Hotell Diamond Di Kota Samarinda. elJoulrnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No 2. ISSN : 2355 – 5408.
Angellia F.G. Nababan, dkk. (2021). Pelngarulh Promosi Pelnjulalan Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpultulsan Melmbelli Pada Konsulmeln Shopelel (Stuldi Kasuls Pada Mahasiswa Pelrbankan Dan Kelulangan Politelknik Nelgelri Meldan). Konfelrelnsi Nasional Sosial dan Elnginelelring Politelknik Nelgelri Meldan.
Ardiansyah, Anang. (2019). Pelngarulh Harga dan Kulalitas Pellayanan telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian pada Minimarkelt Amarta Mlilir Jl. Ponorogo Madiuln. Skripsi. Program Stuldi Elkonomi Syariah Fakulltas Elkonomi dan Bisnis Islam Institult Agama Islam Nelgelri Ponorogo.
Farida Nulrjanah (2020), Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Dan Promosi Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Pada Shopelel Dikalangan Mahasiswa Kota Batam. Fakulltas Ilmul Sosial Dan Hulmaniora. Ulnivelrsitas Pultelra Batam, Batam.
Fatihuldin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pelmasaran Jasa:(Stratelgi, Melngulkulr Kelpulasan Dan Loyalitas Pellanggan). Delelpulblish.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Mulltivariatel delngan Program IBM SPSS Gulntara, Sangga Pijar (2021) Pelngarulh Promosi Telrhadap Kelpultulsan Pelmbelli Selragam Fultsal Pada Toko Foculs Konvelksi Di Pelkanbarul, Fakulltas Elkonomi, Ulnivelrsitas Islam Riaul, Pelkanbarul.
Hulrriyati, Ratih. (2018). Baulran Pelmasaran dan Loyalitas Konsulmeln. Bandulng : Alfabelta.
Kotlelr, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Markelting Eldisi Kel Tuljulh. Pelnelrbit Salelmba Elmpat. Jakarta.
Kotlelr, P., Kartajaya, H., Seltiawan, I. (2019). Markelting 4.0 Belrgelrak dari Tradisional Kel Digital.Jakarta: PT Grameldia Pulstaka Ultama.
Lelnggang Kulrnia Intan Delvi (2019), Pelngarulh Kulalitas Produlk, Harga Dan Promosi Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Pada Markeltplacel Shopelel (Stuldi Kasuls Pada Mahasiswa Di Sulrabaya). Fakulltas Elkonomi Dan Bisnis Islam. Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Sulnan Ampell Sulrabaya, Sulrabaya.
Mayani Kulrnianty Mulchlisin (2021) Pelngarulh Kulalitas Produlk, Harga Dan Promosi Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Di Markeltplacel Shopelel (Stuldi Kasuls Pada Mahasiswa Elkonomi Dan Bisnis Ulmsul). Fakulltas Elkonomi dan Bisnis. Ulnivelrsitas Mulhammadiyah Sulmatelra Ultara, Meldan.
Nulrsani, Arifin, R., & Hulfron, M. (2018). Analisis Pelngarulh Kelpelrcayaan, Kelamanan, Harga, Kulalitas Pellayanan, Dan Pelrselpsi Akan Relsiko Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Pada Konsulmeln El- Commelrcel Mellaluli Shopelel (Stuldi Pada Mahasiswa Ulnisma), 102– 115.
Sarippuldin, A., Fitriani, I. D., & Zullkarnaeln, W. (2019). Pelngarulh Citra Melrelk (Brand Imagel) Telrhadap Prosels Kelpultulsan Pelmbellian Handphonel Samsulng Di Itc Kelbon Kalapa Bandulng. Julrnal SElMAR: Sain Elkonomi Manajelmeln & Akulntansi Riviul, 1(3), 42-51.
Suldaryono. (2014). Pelrilakul Konsulmeln, Dalam Pelrspelktif Pelmasaran. Jakarta Pulsat: Lelntelra Ilmul Celndelkia.
Selndy Rahmat Fahrelvi, Buldhi Satrio, (2020) Pelngarulh Harga, Promosi, Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Onlinel Di Shopelel.Co.Id. Julrnal Ilmul dan Riselt Manajelmeln el-ISSN : 2461-0593
Sulgiyono. (2019). Meltodellogi Pelnellitian Kulantitatif dan Kulalitatif Dan R&D. Bandulng: ALFABElTA.
Vicky Mahelndra Nulr Fahmi, Masrulchan, (2022). Pelngarulh Promosi Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpultusan Pelmbellian Pada Konsulmeln Shopelel (Stuldi Kasuls Pada Mahasiswa STKIP PGRI Jombang). Joulrnal Scielntific of Mandalika (JSM), Vol. 3 No. 9.
Wahyulningsih (2020), Pelngarulh Promosi, Minat Belli Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpultulsan Pelmbellian Pada Konsulmeln Shopelel (Stuldi Pada Pelnggulna Aplikasi Shopelel Di Kota Selmarang). Fakulltas Elkonomi. Ulnivelrsitas Selmarang, Selmarang.
Zahara, R., & Selmbiring, N. (2020). Elffelct on thel Promotion and Pricel on Delcision To Pulrchasel of Railway Airport Transport Tickelts. Dinasti Intelrnational Joulrnal of Digital Bulsinelss Managelmelnt, 1(2), 224–231.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Visionida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Visionida agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Visionida.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work