Pengelolaan Sumber Belajar Bahasa Inggris Di SLB Berdasarkan Filsafat Manajemen

Authors

  • Nuryansyah Adijaya Universitas Borobudur
  • Aceng Rahmat Universitas Negeri Jakarta
  • Saifur Rohman Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.4869

Keywords:

Pengelolaan sumber belajar, Filsafat Manajemen, SLB

Abstract

Mengingat adanya keterbatasan peserta didik SLB dalam pembelajaran, Sekolah harus menentukan strategi guna mengoptimalkan pelayanan Pendidikan. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah dengan memastikan ketersediaan sumber belajar bagi peserta didik. Selain perkembangan teknologi yang makin pesat, kebutuhan akan pengenalan Bahasa asing juga menjadi sebuah tuntutan saat ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris sejauh mana SLB Negeri 4 menjalankan fungsi pengelolaan sumber belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus di SLB Negeri 4 Jakarta. Penelitian ini diselenggarakan saat pembelajaran tatap muka terbatas.  Peneltian ini mengkaji pengelolaan sumber belajar melalui tinjauan filsafat manajemen.Hasil penelitian ini mengungkapkan Pengelolaan sumber belajar SLBN 4 mengikuti faktor dasar pengelolaan berdasarkan filsafat manajemen yang dikemukakan siswanto, terdiri atas kepentingan bersama, tujuan, ketua, kebijakan, fungsi, factor dasar, struktur, prosedur dan moral kerja

References

Afryanti, F., Patampang, S. S., & Jennah, M. A. (2021). Lingkungan Sosial sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS di MTSN 2 Tolitoli. Katalogis, 9(2), 121–129.

Amin, M. (2016). Pemanfaatan perpustakaan sebagai Sumber Pembelajaran PKn di SMPN 1 Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal EDU CIVIC, 4(1).

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70–80.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Huang, R. H., Liu, D. ., Tlili, A., Yang, J. ., & Wang, H. . (2020). Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.

Husaini, & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54.

Laeli, S., & Maryani, N. (2020). Pengelolaan Laboratorium Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas. TADBIR MUWAHHID, 4(11), 59–72.

Mahyuddin, Kurniullah, A. Z., Hasibuan, A., Rahayu, P. P., Purba, B., SIpayung, P. D., Hastuti, P., Irdawati, Sudarso, A., Silallahi, M., & Sugiarto, M. (2021). Teori Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Makadok, R., Burton, R., & Barney, J. (2018). A practical guide for making theory contributions in strategic management. Strategic Management Journal, 39(6), 1530–1545.

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472–484.

Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V, Apriza, A., Sahabuddin, A. A., & others. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Sihombing, L. B. (2014). Pengelolaan Sarana dan Alat Permainan sebagai Suatu Pengelolaan Sumber Belajar di Taman Kanak-Kanak. Generasi Kampus, 7(1).

Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.

Sutoerno, N. (2017). Manajemen Laboratorium dalam mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakem Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmiah Tut Wuri Handayani, 2(3), 159–167.

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya Organisasi. Prenada Media.

Tentama, F., & Subardjo. (2019). Analisis Moral Kerja pada Dosen. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 33–41.

Zainudin, Z., Habiburahim, Muluk, S., & Keumala, C. M. (2019). How do students become self-directed learners in the EFL Flipped-class Pedagogy? A study in higher education. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(3), 678–690.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Adijaya, N., Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pengelolaan Sumber Belajar Bahasa Inggris Di SLB Berdasarkan Filsafat Manajemen. TADBIR MUWAHHID, 6(2), 111–124. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.4869
Abstract viewed = 71 times