PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU SMP IT YASPIDA SUKABUMI

Main Article Content

Siti Wardiatul Khoeriyah

Abstract

Kinerja guru dapat terlihat melalui sebuah penilaian kinerja yang pada prinsipnya merupakan cara pengukuran kontribusi dari individu dalam institusi yang dilakukan terhadap organisasi. Supervisi akademik merupakan salah satu cara penilaian kinerja terhadap guru melalui siklus perencanaan yang sistematis, pengamatan yang cermat dan hati-hati. Melalui kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah diharapkan guru akan memberi feedback dengan perbaikan mutu kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara supervisi akademik terhadap kinerja guru dan seberapa besar pengaruh yang terdapat antara variabel supervisi akademik (X) dan kinerja guru (Y). Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif yaitu membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif antara variabel X dan Y dengan perolehan nilai 2,11>2,045 atau thitung>ttabel dengan taraf signifikansi 0,5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, pada tingkat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan sebelum supervisi dilakukan dengan sesudah supervisi dilakukan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang tergolong signifikan.

Article Details

Section
Articles