Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Keluarga dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Spiritual Anak

Authors

  • Miftahudin Miftahudin Universitas Bina Bangsa
  • Saepudin Saepudin Universitas Bina Bangsa

Keywords:

Pola asuh, Pendidikan Orangtua, Moral Spritual

Abstract

Tujuan dari penilitian ini peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan peranan latar belakang Pendidikan orang tua dan pola asuh keluarga dalam meningkatkan perkembangan moral spiritual anak. Penelitian ini dilakukan kepada siswa di MTs Al-Khairiyah Pabuaran–Cilegon.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan  pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis liniear berganda. Penelitian ini melibatkan 38 sampel dari jumlah populasi sebanyak 190.Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menyatakan bahwa latar belakang Pendidikan orang tua memiliki peranan dalam meningkatkan perkambangan moral spiritual anak ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (5.030 > 2.0280), dan pola asuh keluarga memiliki peranan dalam meningkatkanperkembangan moral spiritual anak yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (14.743 > 2.0280) serta antara variable X1 dan X2 tampak bawha r hitung yaitu 0,51 yang kesemuanya itu lebih besar dari r tabel 0,329 sehingga dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan orang tua dan pola asuh keluarga memiliki peranan dalam meningkatkan perkembangan moral spiritual anak.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Dan, S., & Fundus, T. (2011). Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 2 No. 1 Edisi Juni 2011 21. 2(1), 21–34.
Daradjat, Z. (2005). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. CV. Ruhama.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Edwards. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan bagi Para oRang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Kaifa.
Gunarsa, Ny. Y. Singgih D. dan Gunarsa, S. D. (2007). Psikologi Remaja (Cet.16). Gunung Mulia.
Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
John W. Santrock. Alih bahasa: Mila Rachmawati, A. K. (2008). Perkembangan Anak Jilid I. Erlangga.
Kartono, K. (2005). Psikologi Anak. Mandar Maju.
Laboratorium, T. (2012). Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Jurusan STAIN Tulungagung.
Soemanto, W. (2000). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Alfabeta.
Suherman. (2000). Buku Saku Perkembangan Anak. EGC.
Thoha, C. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar Offset.
Tirtarahardja, Umar, dan S. L. L. S. (2005). Pengantar Pendidikan. Rieneka Cipta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Miftahudin, M., & Saepudin, S. (2020). Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Pola Asuh Keluarga dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Spiritual Anak. TADBIR MUWAHHID, 4(2), 233–247. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/3218
Abstract viewed = 243 times