Pengelolaan Laboratorium Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Atas

Main Article Content

Sobrul Laeli
Novi Maryani

Abstract

Peranan laboratorium sebagai pusat sumber belajar di SMA membutuhkan pengelolaan yang baik. Pengadaan laboratorium tanpa pengelolaan menyebabkan tidak optimalnya pemanfaatan laboratorium sebagai sumber belajar IPA di SMA. SMA Negeri 1 Ciawi memfasilitasi pembelajaran IPA dengan ruang laboratorium yang digunakan untuk melakukan praktikum. Adanya penelitian ini bertujuan untuk menguraikan ba-gaimana pengelolaan laboratorium yang baik dan keefektifan pengelolaan laboratorium sebagai bentuk dari keberhasilan manajemen sekolah dalam menyediakan sarana pusat sumber bela-jar di SMA N 1 Ciawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA N 1 Ciawi telah melaksanakan program pengelolaan laboratorium. Meskipun pada praktiknya terkendala berbagai keterbatasan namun tidak menjadi alasan untuk tidak mengoptimalkan laboratorium sebagai pusat sumber belajar pembelajaran IPA. Penelitian ini dibatasi pada pengkajian pengelolaan laboratorium di SMA N 1 Ciawi Bogor. Pihak sekolah dan laboran diharapkan dapat terus meningkatkan pengelolaan laboratorium sesuai dengan komponen pengelolaan agar keberadaan laboratorium sebagai sumber belajar dapat dimaksimalkan

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (PA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1).

Anies, E., Subiki, & Prihandono, T. (2017). Pengelolaan Laboratorium Fisika Dasar Dalam Menunjang Kinerja Dan Kepuasan Pengguna Laboratorium Fisika FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1).

Basthoh, E., & Hayati, N. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Labor Ipa Di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(2).

Ekowati, B., & Mardiyah, S. U. K. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(6).

Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan, 10(1).

Emda, A. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2).

Emha, M. S. H. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati, S. (2018). Pengelolaan Lboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(1).

Hafid, H. A. (2011). Sumber Dan Media Pembelajaran. Sulesana, 6(2).

Lubis, S. P. W., & Rizkika, D. (2017). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri 1 Unggul Baitussalam. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 1(1).

Senta, P., & Neolaka, A. (2014). Pengelolaan Laboratorium IPA: Studi Di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Alfabeta, ed.). Bandung.

Sukarso. (2005). Pengertian dan Fungsi Laboratorium. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2).

Susanto, I. (2017). Korelasi Kemampuan Pengelolaan Laboratorium Dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pengelolaan Laboratorium. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(2).

Syaifulloh, M., Wibowo, B., & Siswandi. (2014). Pemanfaatan Laboratorium Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Semester III STKIP Pgri Pontianak). Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1).

Trisnaini, E. T. (2012). Pemanfaatan Laboratorium Multimedia Dalam Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1).

Yuliana, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Efektifitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1).

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.