Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah

Main Article Content

Artono Artono
Bermara Giri Menur Sari

Abstract

Sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi mampu menghadapi persaingan diharapkan melalui pendidikan dapat menjawab tantangan tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisa kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional guru terhadap prestasi belajar Sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan di Depok. Metode Penelitian adalah survei, menggunakan tehnik purposive sampling. Populasi sebanyak 2.747, sampel yang digunakan adalah 110. Analisis data dengan regresi linier berganda. Uji statistik menggunakan uji-F dan uji-t. Hasil penelitan menunjukkan 1). Menganalisa kompetensi profesional, kepribadian, sosial dan pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,000 dan Fhitung = 24,373 berarti regresi tersebut signifikan. 2). Menganalisa kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,006 dan thitung = 16,483 berarti regresi tersebut signifikan. 3). Menganalisa kompetensi kepribadian terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,009 dan thitung = 17,146 berarti regresi tersebut signifikan. 4). Menganalisa kompetensi sosial terhadap prestasi belajar Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,005 dan thitung = 13,753 berarti regresi tersebut signifikan. 5). Menganalisa kompetensi profesional terhadap prestasi belajar  Sejarah. Hal ini dibuktikan bahwa nilai Sig = 0,002 dan thitung = 24,224 berarti regresi tersebut signifikan.

Article Details

Section
Articles

References

Sulaiman Saat. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8 (2). 1- 17.

Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Deny Setiawan dan Joni Sitorus. (2017). Urgensi Tuntutan Profesionalisme dan Harapan Menjadi Guru Berkarakter (Studi Kasus: Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Batubara). Cakrawala Pendidikan. 1 ( 1 ). 122 - 129.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.

Ghozali Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS 21. Semarang: BP Universitas Diponegoro. Edisi

Nurwahida F.S. (2017). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone. Jurnal Biotek. 5 (1) . 240 - 255

Rafli, M.F. (2017). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2017. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan . e-ISSN: 2549-5976. pp.131-135.

Darojah N.R, dan Hadijah H.S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. 1 (1). 115 – 125.

Andriani, D.N. (2014). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Berpengaruh Terhadap Pemahaman Ekonomi Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Gondang, Nganjuk. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 2 (1). 42 - 56.