Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2540Keywords:
Nature School, Sustainable Competitive Advantage, Resource-BasedAbstract
Kompetisi atau persaingan dalam dunia pendidikan di era globalisasi merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan. Dengan adanya persaingan, lembaga pendidikan dihadapkan pada berbagai ancaman dan peluang baik itu eksternal maupun internal sehingga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap keberlangsungan lembaga pendidikan tersebut. Salah satu strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan khususnya sekolah alam dalam memenangkan persaingan adalah dengan menciptakan Sustainable Competitive Advantage, dan model Reosuce-Based View, yaitu salah satu model yang bisa digunakan untuk mendapatkan keunggulan bersaing secara berkelanjutan. Model ini memandang bahwa organisasi bersaing berdasarkan sumber daya dan kemampuan yang dimilikinya. Perbedaan sumber daya dan kemampuan organisasi dengan organisasi pesaing akan memberikan keuntungan kompetitif untuk mempertahankan keunggulan maupun untuk dapat bertahan di tengah-tengah persaingan. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat lebih dalam tentang bagaimana sekolah alam memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki sehingga dapat menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan sehingga dapat berkompetisi dengan sekolah lain pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer dikumpulkan dengan studi lapangan yang menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan kuesioner. Data sekunder dikumpulkan dengan desk study terhadap literatur dan dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah alam Al-Giva menciptakan keunggulan bersaing secara berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) dengan cara memaksimalkan intellectual capital atau sumber daya internal tidak berwujud yang meliputi human capital, structrual capital, dan relational capital. Dari ketiga aspek inilah keunggulan bersaing secara berkelanjutan didapat, karena ketiga aspek ini sama-sama bernilai, langka, sulit ditiru, dan tidak dapat digantikan. Nilai kebaruan dalam penelitian ini adalah memotret implementasi model resource-based view di sekolah alam dalam menciptakan sustainable competitive advantage.References
Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management. https://doi.org/10.1177/014920639101700108
Benevene, P., & Cortini, M. (2010). Interaction between structural capital and human capital in Italian NPOs: Leadership, organizational culture and human resource management. Journal of Intellectual Capital. https://doi.org/10.1108/14691931011039642
Carpenter, M. A., & Sanders, G. (2009). Strategic Management: A Dynamic Perspective. Pearson Education Inc.
Cater, T., & Cater, B. (2009). (In) Tangible Resource As Antecedents Of A Company’s Competitive And Performance. Journal for East European Management Studie, 10(1). https://doi.org/10.5771/0949-6181-2009-2-186
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concept And Cases (13th ed.). Prentice Hall.
De Castro, G. M., Sáez, P. L., & López, J. E. N. (2004). The role of corporate reputation in developing relational capital. Journal of Intellectual Capital, 5(4). https://doi.org/10.1108/14691930410567022
Ehmke, C. (2008). Strategies for Competitive Advantage. Western Extension Marketing Committee, 5, 1–8.
Fahy, J. (2000). The Resource-Based View Of The Firm: Some Stumbling-Blocks On The Road To Understanding Sustainable Competitive Advantage. Journal of European Industrial Training. https://doi.org/10.1108/03090590010321061
Ferdinand, A. (2003). Sustainable Competitive Advantage: Sebuah Eksplorasi Model Konseptual. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferreira, J. J., Azevedo, S. G., & Ortiz, R. F. (2011). Contribution of resource-based view and entrepreneurial orientation on small firm growth. Cuadernos de Gestion, 11(1). https://doi.org/10.5295/cdg.100185jf
Freddy, R. (2006). Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, N. (2006). STRATEGI PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN INOVASI TEKNOLOGI (Studi Empiris [Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/15274/
Handayani, S., & Alriani, I. M. (2016). Membangun Sustainable Competitive Advantage Melalui Budaya Inovasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(41).
Hoffman, N. P. (2000). An Examination Of The Sustainable Competitive Advantage Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Science Review, 2000(4).
Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan Dan Menyenangkan. Jurdik Kimia, 6(1).
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Purnama, S. (2016). Strategi Meraih Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) Berbasis Model Resource-Based View (Studi Deskriptif Analitik pada SMA Santa Maria 3 Cimahi).
Purwanto, N. A. (2011). Strategi Bersaing Dalam Bisnis Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1).
Sugiono, A. (2018). Resource Based View In The Strategic Management Model Framework. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3).
Sukma, A. H. (2017). Perspektif The Resource Based View (RBV) Dalam Membangun Competitive Advantage. Ad-Deenar Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1).
Sulistyandari, & Handayani, S. R. (2011). Membangun Keunggulan Bersaing Berkelanjutan: Sebuah Kajian Literatur Pada Konteks Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal & Proceeding FEBUNSOED, 1(1).
Tupamahu, F. A. S. (2015). Integrasi Budaya Terhadap Kapabilitas Dan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) Usaha Kecil Dan Usaha Mikro Etnis Maluku Di Kota Ambon. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1).
Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Benevene, P., & Cortini, M. (2010). Interaction between structural capital and human capital in Italian NPOs: Leadership, organizational culture and human resource management. Journal of Intellectual Capital. https://doi.org/10.1108/14691931011039642
Carpenter, M. A., & Sanders, G. (2009). Strategic Management: A Dynamic Perspective. Pearson Education Inc.
Cater, T., & Cater, B. (2009). (In) Tangible Resource As Antecedents Of A Company’s Competitive And Performance. Journal for East European Management Studie, 10(1). https://doi.org/10.5771/0949-6181-2009-2-186
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concept And Cases (13th ed.). Prentice Hall.
De Castro, G. M., Sáez, P. L., & López, J. E. N. (2004). The role of corporate reputation in developing relational capital. Journal of Intellectual Capital, 5(4). https://doi.org/10.1108/14691930410567022
Ehmke, C. (2008). Strategies for Competitive Advantage. Western Extension Marketing Committee, 5, 1–8.
Fahy, J. (2000). The Resource-Based View Of The Firm: Some Stumbling-Blocks On The Road To Understanding Sustainable Competitive Advantage. Journal of European Industrial Training. https://doi.org/10.1108/03090590010321061
Ferdinand, A. (2003). Sustainable Competitive Advantage: Sebuah Eksplorasi Model Konseptual. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferreira, J. J., Azevedo, S. G., & Ortiz, R. F. (2011). Contribution of resource-based view and entrepreneurial orientation on small firm growth. Cuadernos de Gestion, 11(1). https://doi.org/10.5295/cdg.100185jf
Freddy, R. (2006). Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, N. (2006). STRATEGI PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN MELALUI KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI DAN INOVASI TEKNOLOGI (Studi Empiris [Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/15274/
Handayani, S., & Alriani, I. M. (2016). Membangun Sustainable Competitive Advantage Melalui Budaya Inovasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(41).
Hoffman, N. P. (2000). An Examination Of The Sustainable Competitive Advantage Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Science Review, 2000(4).
Maryati. (2007). Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains Yang Membebaskan Dan Menyenangkan. Jurdik Kimia, 6(1).
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Purnama, S. (2016). Strategi Meraih Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) Berbasis Model Resource-Based View (Studi Deskriptif Analitik pada SMA Santa Maria 3 Cimahi).
Purwanto, N. A. (2011). Strategi Bersaing Dalam Bisnis Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1).
Sugiono, A. (2018). Resource Based View In The Strategic Management Model Framework. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3).
Sukma, A. H. (2017). Perspektif The Resource Based View (RBV) Dalam Membangun Competitive Advantage. Ad-Deenar Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1).
Sulistyandari, & Handayani, S. R. (2011). Membangun Keunggulan Bersaing Berkelanjutan: Sebuah Kajian Literatur Pada Konteks Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal & Proceeding FEBUNSOED, 1(1).
Tupamahu, F. A. S. (2015). Integrasi Budaya Terhadap Kapabilitas Dan Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage) Usaha Kecil Dan Usaha Mikro Etnis Maluku Di Kota Ambon. Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1).
Yusuf, A. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Downloads
Additional Files
Published
2020-04-29
How to Cite
Kholik, A., & Laeli, S. (2020). Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. TADBIR MUWAHHID, 4(1), 73–97. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2540
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work